Tanpa Ribet, Ini 8 Rekomendasi Aplikasi Yang Bisa Kalian Gunakan Untuk Mencari Lowongan Pekerjaan
Pixabay
Tekno

Seiring perkembangan zaman, teknologi saat ini memang berkembang sangat pesat. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi penyedia info lowongan kerja. Kalian bisa mengakses aplikasi tersebut dan mencari pekerjaan impian.

WowKeren - Saat ini banyak negara yang tengah berjuang melawan pandemi COVID-19, termasuk Indonesia. Hal ini turut mempengaruhi banyak faktor termasuk faktor ekonomi. Tak heran banyak sekali masyarakat Indonesia sedang sibuk mencari pekerjaan karena kehilangan pekerjaan lamanya.

Seiring perkembangan zaman, teknologi saat ini memang berkembang sangat pesat. Jika dulu saat orang ingin mencari kerja harus pergi sambil menenteng berkas lamaran kerja dan menyerahkan ke perusahaan yang belum tentu diterima, sekarang sudah berbeda.


Saat ini sudah banyak sekali situs penyedia info lowongan kerja. Kalian bisa mengakses situs tersebut dan mencari pekerjaan impian. Bahkan, beberapa situs lowongan kerja tersebut juga menyediakan versi aplikasi sehingga bisa diakses melalui smartphone yang biasa dibawa ke mana saja.

Apa sajakah aplikasi tersebut? Berikut tim WowKeren rangkum 8 aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. JobStreet


JobStreet

JobStreet menjadi salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh kalangan fresh graduate. Aplikasi ini menyediakan lebih dari 230 ribu perusahaan dari berbagai negara seperti Singapura, Malaysia, Filipina, Indonesia, dan Vietnam.

Dengan begitu, pengguna bukan hanya dihadapkan oleh berbagai pilihan industri pekerjaan yang sesuai minat saja tapi juga bisa memilih negara impian tempat kaliam bekerja. Tak hanya itu saja, aplikasi ini juga memiliki User Interface (UI) yang cukup sederhana dan mudah untuk digunakan loh. Kalian jadinya enggak pusing menggunakan aplikasi ini deh.

2. LinkedIn


LinkedIn

LinkedIn sebenarnya merupakan aplikasi sosial media untuk pekerja profesional. Namun, tidak hanya sebagai aplikasi sosial media saja, LinkedIn juga berperan sebagai aplikasi lowongan kerja. Ribuan bahkan jutaan para profesional memiliki akun LinkedIn dan tak jarang juga para perusahaan atau tempat kerja lainnya mencari pekerja melalui LinkedIn.

LinkedIn bisa memberikan notifikasi pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan kalian karena sebelumnya kalian harus mengisi data diri mengenai skill yang dimiliki. Pengguna LinkedIn pun dapat menulis artikel yang kemudian akan dibagikan dan juga dibaca oleh para pengguna LinkedIn lainnya bahkan mungkin dibaca oleh perusahaan yang membutuhkan skill kalian.

3. Kalibrr


Kalibrr

Bukan hanya sekadar menyediakan informasi lowongan pekerjaan saja, Kalibrr juga diklaim dapat merekomendasikan pekerjaan dan perusahaan terbaik berdasarkan kemampuan, pengalaman, dan minat penggunanya. Dengan bantuan aplikasi loker ini, kamu hanya perlu membuat CV secara online sebagai bekal untuk promosi diri.

Aplikasi ini juga bisa membantu kalian mengikuti berbagai macam skill test yang hasilnya akan terpampang di profil kamu. Selain itu, jika pengguna masih belum menemukan loker yang sesuai dengan preferensi, maka nantinya aplikasi ini juga akan memberikan notifikasi mengenai info lowongan terkait yang tersedia.

4. Indeed Job Search


Indeed Job Search

Indeed Job Search pada awalnya adalah situs web populer di dunia untuk mencari pekerjaan. Namun saat ini Indeed Job Search sudah tersedia dalam bentuk aplikasi dan bisa diunduh secara gratis.

Sama seperti aplikasi penyedia lowongan kerja lainnya, tampilan Indeed Job Search juga sederhana dan mudah digunakan. Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan lowongan untuk full time, part time, kontrak, hingga magang. Sehingga kalian bisa mencari pekerjaan sesuai kebutuhan.

5. JobsDB


JobsDB

Aplikasi satu ini menyediakan lebih dari 120 ribu pekerjaan anyar dapat kalian lamar. Tak hanya berasal dari negara Indonesia saja bahkan dari negara tetangga seperti HongKong, Singapura juga Thailand. Ini cocok sekali untuk kalian yang ingin mendapat pekerjaan di luar Indonesia.

Tak hanya itu saja, fitur seperti pencarian kerja berdasarkan lokasi dan minat yang disesuaikan dengan skill kalian pun dapat dipilih oleh para pengguna JobsDB Job Search. Sebelumnya juga kalian perlu membuat sebuah ID dan resume yang harus diupload ke akun JobsDB Job Search ya.

6. JOB TODAY


JOB TODAY

JOB TODAY yang mengklaim bahwa para penggunanya akan mudah mendapatkan pekerjaan dengan kurun waktu 24 jam saja. Tak hanya itu saja, aplikasi lowongan kerja JOB TODAY memudahkan kalian dalam mencari dan mendapatkan pekerjaan dengan hanya satu kali klik untuk melamar pekerjaan.

Selain itu, salah satu permasalahan yang sering menimpa pelamar dan perusahaan adalah susahnya berkomunikasi. Perusahaan sering kali menolak mengontak lewat WhatsApp, sedangkan pelamar kebingungan mengontak selain lewat email. Aplikasi ini menawarkan sistem chat yang bisa menyelesaikan permasalahan komunikasi tersebut.

7. LINE Jobs


LINE Jobs

LINE memang dikenal sebagai salah satu aplikasi sosial media. Namun, dalam LINE ternyata bukan hanya sekedar aplikasi untuk chatting saja. Kini, LINE memberikan inovasi baru dengan menambahkan fitur yang dinamakan dengan LINE Jobs.

Ftur ini bisa membantu kalian mencari pekerjaan yang cocok untuk kalian. Caranya mudah, kalian hanya perlu memiliki akun LINE saja, kemudian kalian bisa langsung klik fitur LINE Jobs dan carilah pekerjaan yang Anda inginkan.

8. Freelancer


Freelancer

Seperti namanya, aplikasi ini lebih ditujukan untuk orang yang ingin mencari pekerjaan paruh waktu atau freelance. Cara penggunaanya cukup mudah, kalian hanya perlu memasukkan informasi data diri dan melampirkan proposal.

Kalian hanya perlu untuk mendaftarkan data diri kalian untuk melakukan Sign Up. Kalian juga bisa mengajukan proposal untuk lebih dipercaya oleh para perusahaan meskipun kalian hanya seorang freelance. Kalian bisa tunjukan profesionalisme kalian di sini.

Simak juga yuk tips untuk mencari pekerjaan baru di tengah pandemi COVID-19 ini dalam artikel berikut. Intip juga beberapa pekerjaan online yang cocok untuk freelancer dalam artikel ini

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait