Birthday Spotlight: Happy Taeyong Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Taeyong NCT yang merayakan ulang tahunnya yang ke-25 (26 tahun menurut hitungan Korea) pada 1 Juli.

WowKeren -

Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Taeyong NCT yang merayakan ulang tahunnya yang ke-25 (26 tahun menurut hitungan Korea) pada 1 Juli. Ulang tahun kali ini menjadi ulang tahun kelima yang dirayakan pemilik nama lengkap Lee Taeyong itu sebagai idol.

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Taeyong diperkenalkan SM Entertainment sebagai member SMRookies pada 2 Desember 2013 di mana saat itu ia telah menjalani masa training selama lebih dari satu tahun. Sebelum debut, Taeyong tercatat sebagai siswa SOPA (Seoul School of Performing Arts) dan lulus pada Februari 2015.

Sebelum debutnya, Taeyong sempat tampil di acara "EXO 90:2014" bersama beberapa member SMRookies lainnya dengan menampilkan sejumlah dance cover. Taeyong juga menjadi bagian dari tim Bassbot SMRookies yang juga beranggotakan Jaehyun, Johnny, Yuta, Ten, dan seorang trainee bernama Hansol.

2. Debut


Debut

Taeyong resmi debut sebagai member NCT U pada April 2016 di mana ia berpartisipasi dalam single "The 7the Sense". pada Juli 2016, Taeyong kembali debut di sub-unit lainnya, kali ini NCT 127 dengan mini album pertama bertajuk "NCT #127". Mereka melanjutkan kegiatan promosi dengan mini album "Limitless" yang dirilis pada Januari 2017.

Debut NCT U dan NCT 127 cukup menarik perhatian, salah satunya karena konsep yang mereka usung dianggap tak lazim di mana ada grup induk dengan beberapa sub-unit sementara dan permanen. Taeyong sendiri bisa dibilang merupakan salah satu member yang populer mengingat ia tak hanya berbekal wajah ganteng tapi juga kemampuan rap dan dance yang mumpuni.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

NCT 127 meraih trofi kemenangan di acara musik untuk pertama kalinya pada 22 Juni 2017 di "M! Countdown" lewat lagu "Cherry Bomb". Untuk pertama kalinya, NCT 127 menjalani kegiatan promosi di Amerika Serikat serta pada masa promosi album "Regular - Iregular" yang dirilis pada Oktober 2018. Saat itu, mereka diundang untuk tampil di acara "Jimmy Kimmel Live!" serta ajang American Music Awards 2018".

Pada 2019, NCT 127 menjalani tur konser pertama mereka, "Neo City - The Origin" yang singgah di berbagai negara di seluruh dunia. Di tahun yang sama, mereka menandatangani kontrak dengan Capitol Music Group dan Caroline Distribution untuk kegiatan promosi NCT 127 di Amerika Serikat.

Tahun ini, NCT 127 merilis album "Neo Zone" serta album repackage berjudul "Neo Zone: The Final Round", masing-masing dengan title track berjudul "Kick It" dan "Punch". Kedua album ini mengantarkan grup tersebut meraih predikat Million seller.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Taeyong berkolaborasi dengan komposer Hitchhiker lewat lagu berjudul "Around" yang dirilis pada 2017 serta bekerja sama dengan produser Yoo Young Jin lewat single "Cure" pada tahun yang sama. Pada 2019, Taeyong merilis single solo pertamanya yang berjudul "Long Flight". Ketiga single ini dirilis lewat proyek SM STATION.

Oktober tahun lalu, Taeyong resmi debut sebagai personel SuperM. Dan bersama 6 member lainnya, mereka merilis mini album bertajuk "SuperM - The 1st Mini Album" serta menggelar tur konser "We Are The Future" yang singgah di beberapa kota di Amerika Serikat serta Paris dan London.

5. Kontroversi


Kontroversi

Taeyong sempat dirundung kontroversi terkait rumor perundungan dan penipuan yang terjadi di masa sebelum ia bergabung dengan SM Entertainment. Rumor ini terus menghantuinya hingga bertahun-tahun setelah debut.

Untungnya belum lama ini, media lokal Dispatch mempublikasikan laporan yang mengungkap kebenaran tentang masa lalu Taeyong. Menurut laporan Dispatch Taeyong dan korban telah menyelesaikan masalah mereka dan kini berteman baik, dan pihak ketiga yang terus menyerang Taeyong rupanya menulis postingan berisi hal-hal tak benar untuk memojokkannya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Dalam konser "Beyond the Future" April lalu, SuperM menjanjikan kalau mereka akan merilis karya baru. Dengan demikian, dipastikan kegiatan Taeyong bersama SuperM masih akan berlanjut pada paruh kedua 2020.

Meski belum ada bocoran terkait aktivitas baru, Taeyong juga akan tetap menjalin kegiatan bersama NCT 127 baik di Korea maupun di Jepang. Selain itu, fans juga berharap leader NCT 127 itu membintangi variety show baru.

You can share this post!

Related Posts