Shandy Aulia Bantah Bayi Claire Kurang Gizi, Beber Alasan Cerdas Beri MPASI Meski Belum 6 Bulan
Instagram/shandyaulia
Selebriti

Shandy Aulia mengungkap alasan memberikan makanan pendamping ASI di usia bayinya belum 6 bulan. Ia juga tak sepemikiran dengan pendapat bayi sehat harus montok.

WowKeren - Shandy Aulia membeberkan alasan memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) sebelum sang buah hati, Claire Herbowo genap berusia 6 bulan. Pemain film "Eiffel I'm In Love" ini mengungkap sudah berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman sebelum memutuskan untuk memberi MPASI pada bayi Claire.

"Sebagai ibu jelas saya ingin memberikan yang terbaik untuk anak saya, terbaik untuk saya bukan artinya terbaik untuk semua ibu-ibu di Indonesia ini, jadi PERASAAN TERBAIK itu kembali lagi pada setiap pribadi dan cara kita memandangnya," tulis Shandy dalam postingan Instagram pada Minggu (12/7).

"Sebelum saya memberikan MPASI saat usia Claire belum 6 bulan tentunya bukan keputusan iseng ataupun tanpa dasar konsultasi pada Dokter yang sudah berpengalaman, tidak hanya pengalaman pada teori saja tapi juga jangka jam terbang dokter yang sudah bisa saya percayakan," lanjut Shandy.

Shandy membantah bahwa bayi Claire mengalami kekurangan gizi. Ia juga tak sependapat dengan pemikiran bayi sehat harus montok seperti roti sobek.

"Pemberian MPASI pada @missclaireherbowo bukan karena kurang berat badan ataupun kurang gizi / stuning. Kondisi Claire untuk berat badan dalam kondisi BAIK dan SEHAT," tambah Shandy. "Bila menurut Ibu-Ibu Indonesia anak sehat itu ciri utamanya HARUS MONTOK harus seperti Roti sobek dan pipi yang cubby baru bisa ada rasa nyaman dan tenang pada si ibu dan bayi silakan saja."

Perempuan berusia 33 tahun ini menegaskan berat badan bayi Claire berada dalam bobot normal. Meski sudah memberi MPASI di usia kurang dari 6 bulan, bayi Claire pun tidak memperlihatkan ciri-ciri bayi kurang gizi.


"Tapi untuk Claire saya nyaman dan tenang dengan berat anak saya sekarang ini karena cara pandang saya BAYI SEHAT tidak harus dengan tampak BOBOT yang MONTOK dan GENDUT," jelas Shandy. "APA ITU BAYI KURANG GIZI ? Pertumbuhan bayi tidak berjalan seperti yang seharusnya, berat badan bayi tidak bertambah. Bayi mengalami perubahan perilaku, seperti merasa gelisah dan sering rewel. Mudah merasa lelah dan tidak aktif karena persediaan energi kurang optimal ketimbang bayi seusianya."

"Dan untuk @missclaireherbowo tidak ada satupun ciri-ciri bayi kurang gizi Bila Claire lebih mungil dan tidak MONTOK seperti bayi Ibu-ibu pada umum lainnya bukan berarti anak saya KURANG GIZI," tambah Shandy. "Kalau ada pemikiran BAYI di nilai harus MONTOK baru terlihat bergizi silakan saja, semua memiliki cara PANDANG berbeda-beda."

Shandy kembali menegaskan bahwa bayi sehat tidak harus montok. Ia hanya ingin bayi Claire tumbuh sehat dan normal.

"Tapi untuk Claire saya sudah mengucap syukur dan nyaman dengan pertumbuhan anak saya yang SEHAT. Saya tidak menekan diri saya dan anak saya untuk HARUS TARGET MONTOK," lanjut Shandy. "Karena bagi saya yang terpenting pertumbuhan anak saya SEHAT dan NORMAL."

Di postingan lain, Shandy kembali memberi penjelasan bahwa telah berkonsultasi dengan dokter anak perpengalaman sebelum memberikan bayi Claire MPASI. Ia juga menyebut pemberian MPASI lebih dini kurang dari 6 bulan adalah sebuah pilihan mutlak dari seorang ibu yang sudah berkonsultasi dengan dokter.

"Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, saya sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Anak ( Dr. Eric Gultom Sp A.(K) dan dengan Dokter Gizi @dr.sam_oetoro ) perihal MPASI pada claire saat ini, jadi bukan hanya keputusan SOK TAU," jelas Shandy. "Saya percaya kepada beliau-beliau ini karena bukan dokter kemarin sore yang asal memberikan penjelasan pada setiap pasiennya tanpa penjelasan yang akurat. Pada akhirnya kitalah sebagai orangtua yang menentukan mana pilihan yang terbaik untuk anak kita."

"MPASI lebih dini adalah sebuah pilihan mutlak dari seorang ibu bila memang kondisi bayi siap untuk MPASI tentunya dengan berkonsultasi dulu pada dokter ahlinya dan juga dengan pantauan dokter," tutup Shandy.

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait