Bisa Jadi Pertanda Penyakit, Ini 7 Penyebab Munculnya Memar Secara Tiba-tiba
Shutterstock
Health

Pada umumnya penyebab memar adalah benturan. Memar karena benturan biasa menimbulkan rasa sakit saat disentuh. Namun tak jarang memar dapat terjadi secara spontan, tanpa penyebab yang jelas.

WowKeren - Setiap orang tentu pernah memiliki memar di kulitnya, baik karena terjatuh, tertimpa benda tumpul hingga tanpa sebab. Memar sendiri pada umumnya terjadi akibat pecahnya pembuluh darah kecil di bawah kulit. Kondisi pecahnya pembuluh darah dapat terjadi akibat adanya cedera traumatis.

Pada umumnya penyebab memar adalah benturan. Memar karena benturan biasa menimbulkan rasa sakit saat disentuh. Namun tak jarang memar dapat terjadi secara spontan, tanpa penyebab yang jelas. Jika mengalami memar seperti, biasanya kalian tidak merasakan apapun saat kondisi ini muncul.

Munculnya memar secara spontan patut diwaspadai, karena bisa menandakan adanya kondisi medis yang lebih serius. Namun, tak jarang juga memar yang muncul karena kegiatan sehari-hari kalian dan bukan pertanda penyakit. Untuk itu, berikut tim WowKeren rangkum 7 penyebab munculnya memar secara tiba-tiba. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Tubuh Kekurangan Nutrisi


Tubuh Kekurangan Nutrisi
Pxhere

Memar yang muncul secara tiba-tiba bisa jadi sebuah indikasi bahwa tubuh sedang kurangnya nutrisi tertentu, seperti vitamin C dan vitamin K. Vitamin K dapat membantu darah membeku sehingga jika kekurangan vitamin ini, maka akan berpengaruh terhadap proses pembekuan darah.

Sementara itu, vitamin C mampu membantu kulit dan pembuluh darah untuk menahan penyebab memar. Jadi, jika kekurangan vitamin C maka kulit akan mudah memar. Selain itu, gejala lain yang mungkin dirasakan, yaitu badan lemas, kelelahan, gusi bengkak atau berdarah.

2. Olahraga Terlalu Berat


Olahraga Terlalu Berat
Pxhere

Olahraga berat yang berlebihan tanpa sadar juga bisa menjadi alasan seseorang mengalami memar. Ketika seseorang menegangkan otot, jaringan otot di bawah kulit mengalami cedera. Ini bisa menyebabkan pembuluh darah terbuka dan mengeluarkan darah di sekitarnya.

Jika darah yang keluar cukup banyak, maka akan menumpuk di bawah kulit dan kulit terlihat memar. Selain itu, kondisi di mana otot-otot dan tendon tubuh menjadi tegang dan tertarik karena adanya tekanan yang besar, misalnya karena mengangkat beban berat, olahraga berlebihan, serta aktivitas berat lainnya juga bisa menyebabkan memar.

3. Hemofilia


Hemofilia
Pxhere

Beberapa kelainan darah, seperti hemofilia dan leukemia bisa menyebabkan memar pada tubuh. Hemofilia merupakan kelainan pada proses pendarahan tubuh, di mana darah tidak dapat menggumpal dengan sempurna.

Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh lebih mudah memar, berdarah, muncul pendarahan di gusi, bahkan pendarahan pada otak. Jadi, kalian perlu waspada jika memar tiba-tiba muncul dan tidak hilang dalam waktu yang lama.

4. Pemakaian Obat Tertentu


Pemakaian Obat Tertentu
Pxhere

Siapa sangka jika obat-obatan tertentu dapat menyebabkan memar loh. Antikoagulan atau pengencer darah, seperti warfarin, dan obat penghilang rasa sakit, seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin, dapat memengaruhi kemampuan pembekuan darah.

Ketika darah menjadi lebih lama untuk membeku, maka darah yang terkandung dalam pembuluh darah akan bocor dan berkumpul di bawah kulit sehingga menimbulkan memar. Oleh karena itu, jika tubuh kalian tiba-tiba muncul memar, ingat kembali apakah kalian meminum obat yang disebutkan di atas ya.

5. Diabetes Melitus


Diabetes Melitus
Pxhere

Diabetes melitus merupakan penyakit yang terjadi akibat tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Penyakit ini ditandai oleh banyak hal, di antaranya luka dan memar tubuh yang tiba-tiba muncul dan sulit hilang.

Diabetes memiliki pengaruh negatif pada proses sirkulasi darah, sehingga sangat mudah untuk menimbulkan memar sebagai tahap awal. Gejala lain yang perlu diwaspadai adalah sering merasa haus, sering buang air kecil, sering merasa lapar, berat badan berkurang, pandangan kabur, kelelahan, hingga berkurangnya massa otot.

6. Anemia Dan Kelelahan


Anemia Dan Kelelahan
Shutterstock

Penyakit kurangnya keping darah pada tubuh disebut juga dengan istilah trombositopenia. Trombositopenia sendiri muncul karena berbagai hal, mulai dari leukimia, kehamilan, kemoterapi, konsumsi alkohol berlebihan, infeksi virus, hingga anemia.

Gejala yang sering muncul adalah timbulnya memar akibat kondisi darah yang terlalu encer merembes dari pembuluh kapiler. Faktor kelelahan adalah salah satu alasan penyebab biru lebam tanpa sebab itu muncul. Kelelahan memicu berkurangnya sel dan akhirnya timbul biru lebam. Atau karena livernya enggak bagus. Karena faktor pembekuan dibikin oleh liver.

7. Faktor Usia


Faktor Usia
Pxhere

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan bantalan lemak yang berfungsi untuk melindungi tubuh saat terjadi benturan atau cedera. Kulit juga cenderung menipis karena menurunnya produksi kolagen dalam tubuh. Perubahan inilah yang membuat tubuh lebih rentan mengalami memar saat bertambahnya usia.

Intip juga yuk beberapa rekomendasi makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di sini. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips tetap sehat saat bepergian ke luar negeri.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait