Tim SAR Ungkap Penyebab Kematian Naya Rivera, Mayatnya Ditemukan Mengambang Setelah Hilang Lima Hari
Getty Images
Selebriti

Pihak Sheriff Ventura County menemukan mayat Naya Rivera mengambang di Danau Piru, California, setelah aktris 'Glee' tersebut dinyatakan menghilang selama lima hari.

WowKeren - Jenazah aktris "Glee" Naya Rivera akhirnya ditemukan oleh pihak kepolisian Ventura County pada Senin (13/7) di Danau Piru setelah lima hari menghilang sejak Rabu (8/7) sore. Kini, pihak tim penyelamat pun mengungkapkan penyebab kematian pemeran Santana Lopez tersebut.

Robert Inglis, anggota SAR dari Kantor Sheriff Ventura County, mengungkapkan bahwa angin kencang ditengarai menjadi faktor penyebab bintang "Glee" ini tenggelam saat berenang bersama anaknya, Josey Hollis Dorsey. Robert sendiri merupakan salah satu tim penyelam yang mencari keberadaan Naya Rivera di 48 jam pertama setelah sang aktris dilaporkan hilang.


Dalam keterangannya, Robert mengatakan bahwa perahu yang disewa Naya Rivera bersama Josey sangatlah ringan, sehingga mudah terdorong angin ketika sang aktris dan putranya masuk ke dalam air untuk berenang. Ia menyebut Naya Rivera mencoba berenang mengejar perahu tersebut, namun akhirnya ia kelelahan dan kemungkinan besar mengalami kram kaki.

"Kecurigaan saya karena angin. Perahu ponton itu sangat ringan, dan ketika kamu mendorongnya, bisa menjauh darimu. Dia (Naya Rivera) mungkin mencoba berenang mengejar perahu itu," kata Robert, seperti dikutip dari Page Six pada Rabu (15/7).

Naya Rivera juga tidak memakai jaket pelampung saat berenang, yang disinyalir merupakan penyebab utama insiden tragis tersebut terjadi. Dia menerangkan kebanyakan kasus orang tenggelam karena mereka tidak memakai jaket pelampung dan langsung menceburkan diri ke air.

"Angin menggoyangkan danau itu, dan kapal mulai menjauh dan kamu mencoba mengejarnya, bisa berakibat kaki kram. Kalau pakai jaket pelampung, kamu bisa beristirahat sejenak dan seseorang bisa datang dan menjemput, atau memanggil bantuan," ujarnya.

"Kalau tidak terlalu bisa mengendarai perahu itu dan naik-turun perahu, kamu bisa kelelahan hanya untuk memanjatnya. Kamu bisa jatuh ke belakang, kepala terbentur, hal-hal seperti itu," terang Robert.

Selain itu, Robert menjelaskan bahwa orang dengan massa otot tinggi umumnya tidak bisa mengambang dengan mudah. Hal ini juga jadi faktor yang membuat seseorang sulit naik ke permukaan.

"Dalam instruksi menyelam, kita harus mengajarkan cara mengapung 10 menit di air, dan saya pernah melatih penyelam yang sangat berotot. Mereka kesusahan karena tenggelam. Tidak bisa mengapung. Jadi tergantung dari bentuk tubuh seseorang, kamu bisa bisa merasa seperti tersedot ke bawah, cuma karena tidak bisa mengapung," paparnya.

Naya Rivera ditemukan dalam kondisi mengambang setelah berhari-hari hilang. Tubuh yang diyakini polisi adalah bintang serial "Glee" tersebut berhasil diangkat dari perairan di lima hari pencarian.

Sementara itu, berdasarkan kronologi kejadian, Naya Rivera dan Josey pergi berlibur ke Danau Piru, sebuah danau buatan di Los Padres National Forest, Ventura County, California, pada Rabu. Naya Rivera dilaporkan menyewa sebuah perahu rekreasi pada sore harinya.

Tiga jam kemudian, sebuah perahu mengirimkan sinyal alarm karena menemukan perahu lainnya terkatung-katung di tengah danau. Di perahu tersebut, terdapat seorang bocah laki-laki yang sedang tidur, yang tak lain adalah Josey.

Berdasarkan cerita dari Josey, Naya Rivera melompat ke dalam air tapi tak pernah kembali. Sebuah pelampung orang dewasa ditemukan di perahu tersebut.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts