Cegah Penularan Corona, Terapkan 7 Tips Ini Saat Menghadiri Resepsi Pernikahan di Era New Normal
SerbaSerbi

Agar terhindar dari penularan virus Corona saat menghadiri resepsi pernikahan, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

WowKeren - Sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi new normal atau kenormalan baru. Sesuai dengan namanya, new normal merupakan fase di mana aktivitas publik kembali dilakukan secara normal dengan protokol kesehatan tertentu demi mencegah penyebarluasan virus Corona.

Sejumlah kegiatan publik pun diizinkan, termasuk pengadaan resepsi pernikahan yang sebelumnya dilarang keras. Namun apabila ditemukan penyelewengan, pemerintah daerah memiliki kewenangan untuk membubarkan acara resepsi. Hal ini tertuang dalam Keputusan Mendagri (Kepmendagri) Nomor 440-830 Tahun 2020 tentang pedoman tatanan normal baru.

Nah bagi Anda yang berniat menghadiri resepsi pernikahan teman maupun sanak saudara, sebaiknya simak artikel ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips aman datang ke kondangan di era new normal. Penasaran apa sajakah itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Wajib Menggunakan Masker


Wajib Menggunakan Masker

Hal wajib pertama yang harus selalu Anda lakukan saat keluar rumah di tengah Pandemi Corona adalah menggunakan masker. Cara ini tak hanya untuk melindungi diri kita dari infeksi virus Corona, namun juga mencegah agar orang lain tidak sampai tertular. Pasalnya dalam beberapa kasus, terdapat pasien positif COVID-19 yang tidak menunjukkan gejala apapun. Sehingga jika dia tidak sadar dan keluar rumah tanpa menggunakan masker, dia berisiko menularkan virus tersebut pada orang lain.

Selain itu, usahakan juga untuk menggunakan beberapa alat perlindungan lainnya seperti face shield dan kacamata. Bila perlu, gunakan pakaian lengan panjang saat menghadiri resepsi pernikahan. Hal ini diperlukan untuk menghindari kontak kulit dengan orang lain dan meminimalisir penyebaran virus Corona.

2. Bawa Hand Sanitizer, Tisu dan Starter Pack Lainnya


Bawa Hand Sanitizer, Tisu dan Starter Pack Lainnya

Di tengah pandemi Corona, ada beberapa barang yang sebaiknya selalu Anda bawa saat beraktivitas di luar rumah. Barang-barang ini dapat kita gunakan sewaktu-waktu sebagai perlindungan diri untuk mencegah penularan virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

Yang pertama adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen yang dapat digunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda maupun berinteraksi dengan orang lain di area resepsi. Selain itu, jangan lupa untuk meletakkan tisu basah, tisu kering dan masker cadangan di dalam tas agar dapat Anda gunakan saat membutuhkannya.

3. Disiplin Menjaga Jarak


Disiplin Menjaga Jarak

Menghadiri resepsi pernikahan biasanya menjadi ajang reuni dengan teman-teman lama. Karena itulah kita biasanya akan berkumpul dan membicarakan banyak hal menarik dengan mereka. Namun datang ke resepsi di era new normal tidak sebebas dulu, sebab kita harus mematuhi aturan physical distancing untuk meminimalisir penyebaran virus Corona.

Sebaiknya hindari dulu melepas rindu dengan teman-teman di area resepsi. Jangan berpelukan dan disiplinlah menjaga jarak minimal dua meter dengan mereka. Cukup saling menyapa dan berbincang seperlunya tanpa harus berdekatan dengan satu sama lain. Setelah itu, sambung komunikasi Anda dengan teman-teman lama melalui media sosial yang kalian miliki.

4. Lakukan Salam Namaste dan Beri Angpao Non Tunai


Lakukan Salam Namaste dan Beri Angpao Non Tunai

Karena menghadiri resepsi di era new normal tak bisa sebebas dulu, sebaiknya ganti tradisi berpelukan dan cipika cipiki yang bisa menjadi perantara penyebaran virus Corona. Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan salam namaste dengan cara mengatupkan kedua tangan di depan dada.

Jika pihak penyelenggara menyediakan teknologi scan barcode, sebaiknya beri angpao nikah secara non tunai saja. Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir penggunaan uang tunai yang dikenal sebagai salah satu benda yang rentan ditempeli virus Corona.

5. Bawa Alat Makan Sendiri


Bawa Alat Makan Sendiri

Di setiap resepsi pernikahan, pihak penyelenggara biasanya akan menyediakan makanan untuk para tamunya. Jika Anda berniat makan di acara tersebut, usahakan untuk membawa alat makan sendiri. Hal ini dikarenakan peralatan makan yang ada di tempat umum juga rentan menjadi media penyebaran virus Corona.

Jika Anda ingin lebih menghormati pihak penyelenggara namun tak ingin menyantap makanan yang mereka sediakan, ada opsi lain yang bisa Anda ikuti. Yakni cukup nikmati beberapa camilan yang disediakan dan selalu jaga kebersihan tangan Anda setelah menyentuhnya.

6. Jangan Menyentuh Sembarang Benda


Jangan Menyentuh Sembarang Benda

Tips berikutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah dengan tidak menyentuh sembarang benda yang ada di area resepsi. Hal ini dikarenakan virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan benda mati dalam kurun waktu tertentu, sehingga kita berisiko tertular jika kebetulan menyentuh benda yang mengandung virus tersebut.

Berbagai benda tersebut di antaranya adalah permukaan meja, kursi, gagang pintu gedung maupun pelaminan itu sendiri. Bila terpaksa menyentuhnya, Anda bisa menggunakan tisu sebagai media perantara serta langsung mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara.

7. Jangan Berlama-Lama di Area Resepsi


Jangan Berlama-Lama di Area Resepsi

Tips lain yang harus Anda terapkan agar tidak tertular virus Corona saat datang ke kondangan adalah tidak menghabiskan waktu terlalu lama di area resepsi. Oleh sebab itu, jika Anda telah menyapa pengantin dan tidak berniat untuk melakukan hal lain, sebaiknya langsung pulang saja. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari kerumunan yang bisa meningkatkan risiko penularan virus Corona.

Demikian tujuh tips menghadiri resepsi pernikahan di era new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips menggelar resepsi di era new normal agar pernikahan berlangsung aman dan lancar. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips aman melahirkan di tengah pandemi virus Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru