Respon 'Kalem' Gibran Saat Dituding Lakoni Praktik Dinasti Politik
Nasional
Wacana Gibran Jadi Wali Kota Solo

Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming kembali mendapat tudingan praktik dinasti politik terkait pencalonan dirinya sebagai calon Wali Kota Solo. Gibran pun hanya memberi respon 'kalem' terkait tuduhan tersebut.

WowKeren - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka kembali mendapat tuduhan praktik dinasti politik terkait pencalonan dirinya sebagai calon Wali Kota Solo. Menanggapi persoalan ini, Gibran mengaku tak memahami kenapa hal tersebut dituduhkan padanya.

Menurutnya, semua masyarakat memilik hak untuk memilih pemimpin mereka dengan tanpa paksaan apa pun. "Jadi, kalau yang namanya dinasti politik di mana dinasti politiknya. Saya juga bingung kalau orang bertanya seperti itu," kata Gibran dalam webinar di Jakarta, Jumat (24/7).

Gibran lalu mengatakan keikutsertaan dirinya dalam Pilkada 2020 merupakan sebuah kontestasi. Sehingga, ada kemungkinan dirinya dapat memenangkan mayoritas suara rakyat atau sebaliknya.

"Ya saya kan ikut kontestasi, bisa memang bisa kalah, bisa dicoblos bisa tidak," ujarnya. "Jadi, tidak ada kewajiban untuk mencoblos saya dan ini kan kontestasi bukan penunjukan."


Menurut Gibran masyarakat Solo juga sudah memahami arti dinasti politik. Oleh karen itu, ia juga terus memberikan pemahaman terkait hal tersebut kepada setiap warga yang ditemui dalam satu tahun terakhir.

Ia menyebutkan bahwa warga juga menerima kehadiran dirinya dengan tangan terbuka setiap kali 'blusukan'. "Kalau yang masih meributkan dinasti politik itu kan ya dari, ya kita tahu orang orangnya siapa, dan yang diributkan itu-itu saja," katanya tanpa penjelasan lebih lanjut.

Secara pribadi dia mengaku ingin menjadi kepala daerah karena memiliki niat untuk menyentuh masyarakat luas melalui kebijakan politik. Sebagai pengusaha, dirinya hanya bisa menyentuh karyawan dan orang-orang yang bekerja bersamanya. "Tetapi kalau saya masuk ke politik, yang bisa saya sentuh kalau di Solo ya 500 ribuan orang yang bisa saya sentuh melalui kebijakan-kebijakan saya," pungkasnya.

Sebelumnya, DPP PDIP telah memberikan rekomendasi kepada Gibran Rakabuming Raka guna mengikuti Pilkada Solo. Putra sulung Presiden Jokowi itu akan dipasangkan dengan Sekretaris DPC PDIP Solo, Teguh Prakosa.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts