Rusia Jadi Negara Pertama yang Setujui Penggunaan Vaksin Corona
Dunia

Rusia akan menjadi negara pertama yang menyetujui penggunaan vaksin tersebut untuk umum. Vaksin tersebut diprediksi kurang dari dua minggu lagi atau tepatnya 10 Agustus bisa dipergunakan.

WowKeren - Rusia dikabarkan menjadi negara pertama yang telah berhasil menyelesaikan tahap uji coba klinis virus corona ke manusia. Dalam waktu dekat Rusia akan menyetujui penggunaan vaksin tersebut untuk umum.

Diprediksi kurang dari dua minggu lagi atau tepatnya 10 Agustus, bahkan bisa lebih awal vaksin tersebut akan dipergunakan untuk kepentingan umum. Dilansir CNN International, para pejabat Rusia sendiri telah mengizinkan penggunaan vaksin tersebut.

Untuk orang pertama yang akan mendapatkan vaksin Corona tersebut diprioritaskan untuk para petugas kesehatan sebagai garda terdepan dalam penanganan wabah Corona. "Ini seperti momen Sputnik," kata Kirill Dmitriev, kepala dana kekayaan negara Rusia, yang membiayai penelitian vaksin Rusia, merujuk pada peluncuran tahun 1957 yang sukses dari satelit pertama di dunia oleh Uni Soviet. "Orang Amerika terkejut ketika mereka mendengar bunyi Sputnik. Itu sama dengan vaksin ini. Rusia akan sampai di sana lebih dulu."

Namun, Rusia tidak merilis data ilmiah tentang pengujian vaksinnya. CNN Internasional sendiri tidak dapat memverifikasi keamanan atau keefektifannya.

Para kritikus mengatakan desakan Rusia untuk vaksin datang di tengah tekanan politik dari Kremlin, yang ingin menggambarkan Rusia sebagai kekuatan ilmiah global.


Ada juga kekhawatiran luas uji coba vaksin pada manusia sebelumnya tidak dilakukan secara lengkap. Setidaknya dua belas uji coba vaksin Corona kini tengah berlangsung di seluruh dunia.

Sebagian kecil uji coba vaksin Corona ini menunjukkan keefektifan, tetapi sebagian besar peneliti vaksin telah memperingatkan bahwa masih banyak pekerjaan yang tersisa sebelum vaksin mereka dapat disetujui. Sementara beberapa vaksin global sedang dalam tahap uji coba ketiga, vaksin Rusia belum menyelesaikan fase kedua.

Pembuat vaksin berencana untuk menyelesaikan fase tersebut pada 3 Agustus, dan kemudian melakukan pengujian fase ketiga secara paralel dengan vaksinasi pekerja medis. Ilmuwan Rusia mengatakan vaksin ini cepat dikembangkan karena merupakan versi modifikasi dari yang sudah dibuat untuk memerangi penyakit lain. Itulah pendekatan yang diambil di banyak negara lain dan oleh perusahaan lain.

Para pejabat Rusia mengatakan vaksin berusaha dibuat dengan cepat dan mendapat persetujuan sesegera mungkin karena wabah Corona di Rusia sendiri cukup parah. Negara ini sekarang memiliki lebih dari 800 ribu kasus Corona yang dikonfirmasi. "Ilmuwan kami fokus bukan pada menjadi yang pertama tetapi pada melindungi orang," kata Dmitriev.

Pejabat mengatakan data ilmiah mereka saat ini sedang dikompilasi dan akan tersedia untuk peer review dan publikasi pada awal Agustus. "Rusia memperkuat posisi kepemimpinannya dalam pengembangan vaksin dan platform vaksin Ebola dan MERS yang telah terbukti untuk membawa solusi pertama yang aman dan efisien untuk masalah terbesar dunia," kata Dmitriev kepada CNN sebelumnya.

Kementerian Kesehatan Rusia, belum mengonfirmasi tanggal persetujuan vaksin Corona pada Agustus. Namun ia mengatakan bahwa staf medis garis depan akan menjadi yang pertama divaksinasi setelah vaksin tersebut disetujui untuk penggunaan umum.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait