Uluran Tangan Sejumlah Negara Bantu Lebanon yang Diguncang Ledakan Besar
Dunia

Sejumlah negara di kawasan Timur Tengah menawarkan bantuan kepada Lebanon usai peristiwa ledakan besar yang terjadi di Ibu Kota Beirut pada Selasa (4/8) waktu setempat.

WowKeren - Negara-negara di kawasan Timur Tengah menawarkan bantuan kepada Lebanon menyusul ledakan di Ibu Kota Beirut yang telah menewaskan puluhan orang. Ledakan tersebut terjadi di sekitar Pelabuhan Beirut yang meratakan bangunan tiga lantai dan terdengar di seluruh kota dan pinggiran kota.

Dilansir Kantor Berita Anadolu, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani berbicara melalui telepon dengan Presiden Lebanon Michel Aoun dan menyampaikan belasungkawa. Al Thani juga menginstruksikan otoritas Qatar untuk mengirim rumah sakit lapangan ke Lebanon.

Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kazimi dalam pernyataannya menyampaikan belasungkawa dan berharap pemulihan cepat bagi para korban. Pemimpin Pemerintah Daerah Kurdi Irak (KRG), Nechirvan Barzani, mengatakan di Twitter bahwa mereka mendukung rakyat Lebanon.

Kemudian Mesir Abdel Fattah El-Sisi juga menyampaikan belasungkawa kepada rakyat dan pemerintah Lebanon. Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif melalui akun Twitternya menyatakan "Iran sepenuhnya siap untuk memberikan bantuan dengan cara apa pun yang diperlukan".


Sedangkan Menteri Luar Negeri Yordania Ayman Safadi mengatakan jika negaranya siap untuk mengirim bantuan yang dibutuhkan ke Lebanon atas ledakan itu. Sementara Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz dan Menteri Luar Negeri Gabi Ashkenazi telah siap menawarkan bantuan dan mengatakan mereka siap mengirim bantuan medis dan kemanusiaan melalui mediator internasional.

Melalui akun Twitternya, Ketua Dewan Tinggi Negara Libya, Khalid al-Mishri, menyampaikan belasungkawa yang terdalam dan berharap pemulihan cepat bagi semua yang terluka. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Libya Mohammed Al-Qablawi, juga mengatakan jika orang Libya memiliki solidaritas penuh dengan rakyat Lebanon.

Sementara itu, di Indonesia ada Pimpinan Pusat Muhammadiyah pun menyampaikan duka dan simpati yang mendalam pada para korban. "Kepada Dubes RI yang juga Ketua PP Muhammadiyah," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir melalui keterangan tertulisnya, Rabu (5/8). "Pak Hajriyanto Y Thohari bersama keluarga, seluruh staf KBRI, para mahasiswa dan pelajar, serta WNI di Beirut/Lebanon, semoga diberi perlindungan dan keselamatan oleh Allah SWT."

Lebih jauh, Haedar berharap agar pemerintah Indonesia mau mengulurkan tangan untuk membantu Lebanon melalui musibah ini sebagai bentuk solidaritas. "Kepada Pemerintah RI kiranya dapat memberikan dukungan dan bantuan kemanusiaan untuk pemerintah dan rakyat Lebanon sebagaimana mestinya sebagai wujud solidaritas antarbangsa," lanjutnya.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait