Ahli Ungkap Ledakan Besar Di Beirut Setara Dengan Kekuatan Gempa 3,3 M
Reuters/Issam Abdallah
Dunia

Ahli Geofisika di Pusat Informasi Gempa Bumi Nasional turut menganalisis kekuatan ledakan besar yang mengguncang Beirut, Lebanon bagaikan gempa berkekuatan 3,3 Magnitudo.

WowKeren - Ledakan dahsyat di Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8) telah membuat dunia ikut berduka. Ledakan itu telah menghancurkan area pelabuhan dan meratakan banyak gedung hingga menyebabkan ribuan orang terluka.

Penyebab ledakan itu diduga berasal dari ribuan ton amonium nitrat yang tersimpan di gudang penyimpanan dekat pelabuhan. Dilaporkan jika ledakan besar itu telah menciptakan gelombang seismik yang setara dengan gempa berkekuatan 3,3 M.

Meski demikian, Ahli Geofisika di Pusat Informasi Gempa Bumi Nasional, Don Blakeman menjelaskan jika kekuatan ledakan 3,3 magnitudo itu tidak dapat benar-benar dibandingkan dengan gempa bumi yang memiliki kekuatan serupa. Pasalnya, terdapat perbedaan ledakan pada jenis permukaan.

Ledakan di Beirut dinilai tidak menghasilkan energi sebesar gempa bumi karena berada di atas permukaan. Namun jika ledakan terjadi di bawah permukaan Bumi, maka kekuatan guncangan yang akan terjadi dapat bertambah besar.


Blakeman menerangkan hal tersebut terjadi lantaran tidak ada cukupnya energi yang bisa disalurkan ke dalam batuan di tanah,” kata Blakeman seperti dilansir dari CNN, Rabu (5/8).

Sementara itu, Ahli Seismograf dari Imperial College London, Stephen Hick mengatakan jika ledakan yang terjadi Beirut sangatlah kuat. Bahkan, ledakan itu terdeteksi oleh alat seismograf yang memiliki jaraksampai 500 kilometer.

Menteri Kesehatan Lebanon sendiri menyatakan dalam laporan terakhirnya ada 78 orang yang terkonfirmasi meninggal dunia. Sedangkan korban yang mengalami luka-luka dilaporkan mencapai 4.000 orang. Jumlah korban masih bisa terus bertambah mengingat hingga saat ini proses evakuasi masih dilakukan. Diduga masih banyak warga yang terperangkap dalam puing-puing bangunan area ledakan.

Sementara itu, Kedutaan Besar Amerika Serikat (Kedubes AS) telah memperingatkan bahaya gas beracun yang terlepas setelah ledakan terjadi. Oleh sebab itu, masyarakat setempat yang berada di sekitar area ledakan diminta untuk mengenakan masker.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru