Kemenkes Beber 5 Langkah Pemakaian Masker Kain yang Efektif Tangkal Corona
Health
COVID-19 di Indonesia

Masker, termasuk yang berbahan kain, adalah barang wajib selama era adaptasi kebiasaan baru pandemi COVID-19. Agar efektif, pemakaian masker pun harus sesuai dengan anjuran seperti berikut.

WowKeren - Pemakaian masker adalah hal yang wajib dilakukan di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) pandemi COVID-19. Tak harus memakai masker bedah, pemerintah mengimbau agar masyarakat awam memakai masker kain saja dengan beberapa persyaratan tertentu seperti bahan hingga tata cara penggunaannya.

Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Kementerian Kesehatan, Riskiyana Sukandhi Putra pun membeberkan beberapa langkah agar penggunaan masker kain jadi efektif. Salah satunya dengan menggunakan masker kain maksimal selama 4 jam.

Waktu itu pun bisa berkurang ketika pemakai berada dalam kondisi tertentu. Seperti misalnya ketika pemakainya sedang dalam kondisi batuk.

"Waktu pemakaian masker main maksimal hanya empat jam. Lalu ganti," ujar Riski, Kamis (13/8). "Atau bisa kurang dari empat jam saat di tengah pemakaian ternyata individu bersin atau batuk yang menyebabkan maskernya basah, maka harus diganti."

Selain itu, ada lima langkah lagi yang mesti dilakukan demi memastikan masker yang dipakai benar-benar efektif. Pertama, ketika memakai masker, masyarakat harus memegang bagian ujung tepinya.

"Yang dipegang bagian tepi, lalu ujung masker yang bagian depan bawah di tarik untuk menutupi mulut hingga dagu," terang Riski, dilansir dari Kompas. "Bagian ujung atas depan dipastikan juga sudah menutupi hidung."


Ketika hendak makan dan minum, Kemenkes sangat menganjurkan agar masker dilepas alih-alih diturunkan ke dagu demi melindungi bagian dalamnya. Untuk melepaskannya pun harus dengan kaidah tertentu.

"Lepas masker dengan memegang talinya. Masker yang sudah dilepas segera dimasukkan ke dalam tisu atau lipatan kain," kata Riski. "Taruh masker sebagaimana posisi membuat sandwich, di antara lipatan kain atau tisu itu, lalu letakkan."

Bila masker hendak dipakai lagi, maka langkah pertama harus diulang dengan presisi. Pastikan pula selama beraktivitas agar tangan tidak menyentuh bagian tengah masker.

Selanjutnya, selesai dipakai, masker medis sebaiknya langsung dibuang. Sebelum membuang juga pastikan dipotong bagian karet pengaitnya agar tak lagi bisa digunakan orang lain.

Bila masker kain selesai dipakai, sebaiknya langsung dicuci. "Dicuci pakai air hangat sekitar 60 derajat Celsius, kemudian kita kucek sambil kasih deterjen," tutur Riski.

Yang terakhir, masker kain wajib dikeringkan di bawah sinar matahari. "Setelah itu disetrika. Ini hemat karena maskernya bisa dipakai lagi," pungkas Riski.

Langkah-langkah penggunaan masker yang sangat mudah bukan? Jadi pastikan untuk selalu menggunakan masker sesuai anjuran demi kesehatan bersama.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts