Tuai Kecaman, Lokasi Ledakan Beirut Dijadikan Objek Wisata Bencana
Dunia

Lokasi ledakan besar Kota Beirut, Lebanon, telah berubah menjadi 'wisata bencana'. Warga yang berpose dan berswafoto di depan lokasi tersebut lantas menuai kecaman.

WowKeren - Tepat sebulan pasca peristiwa ledakan besar yang terjadi di Kota Beirut, Lebanon. Ledakan yang disebabkan oleh ribuan ton amonium nitrat yang disimpan pada gudang di pelabuhan itu telah memakan ribuan korban.

Peristiwa tersebut diketahui telah menimbulkan luka yang mendalam untuk warga Lebanon. Sayangnya, ada sejumlah warga yang tengah berpose di depan lokasi ledakan di Beirut.

Tentunya hal ini menuai kecaman dari sejumlah pihak. Para kritikus menyebut fenomena ini sebagai 'wisata bencana'.

Beberapa waktu lalu muncul unggahan di Instagram yang memperlihatkan orang-orang swafoto di depan area ledakan, padahal area tersebut sedang diselidiki oleh otoritas untuk mencari tahu penyebab pasti ledakan.

Unggahan swafoto di depan area ledakan menuai banyak kritik. Salah satu pengguna Twitter memberitahu bahwa swafoto di depan Pelabuhan Beirut adalah hal terakhir yang harusnya dipikirkan pelancong saat mengunjungi Beirut.


Tuai Kritikan, Lokasi Ledakan Beirut Dijadikan Objek Wisata Bencana

Twitter

Pengguna lainnya menyatakan beberapa orang mengunggah foto di depan area yang hancur, padahal masih ada beberapa orang menghilang dari ledakan tersebut dan sangat memungkinkan mereka masih tertimbun. Namun, seorang profesor lokal menganggap fenomena swafoto ini sebagai bentuk kreatif dari berkabung.

“Rakyat Lebanon menyadari bahwa ledakan itu sangat dahsyat, bahkan bisa memecah waktu: sebelum dan sesudah," kata Nadim Moshen, professor Filsafat dan Studi Budaya di Lebanese American University. "Walaupun hanya sedikit yang mengabadikan tragedi ini melalui swafoto atau foto, banyak yang secara diam-diam mengucapkan selamat tinggal kepada Lebanon."

Peneliti lainnya menilai bahwa pengambilan foto narsis adalah praktik yang terkait dengan trauma. Paula El Khoury, peneliti di Centre D’analyse et D'intervention Sociologiques Paris mengatakan bahwa tindakan tersebut pada umumnya salah satu bentuk PTSD.

Menurutnya, setiap orang punya reaksi yang berbeda dalam tragedi ini, sebagian orang berpikir ‘bisa saja hal ini terjadi pada saya’. Tragedi 'wisata bencana' ini sesungguhnya bukanlah sesuatu yang baru. Pernah pula netizen yang berswafoto di daerah kecelakaan nuklir terburuk di Chernobyl, Rusia.

Sementara itu, diketahui muncul kawah pasca ledakan besar di Beirut tersebut. Kawah yang berada di sekita pelabuhan itu memiliki diameter berukuran 405 kaki atau sekitar 124 meter.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru