Pangeran Harry dan Meghan Markle Kembalikan Uang Pajak Rakyat Inggris yang Digunakan untuk Renovasi
AFP
Selebriti

Biaya renovasi Frogmore Cottage senilai puluhan miliar tersebut semula ditanggung oleh Sovereign Grant, dana Inggris yang disisihkan untuk bangsawan yang dibiayai oleh pembayar pajak.

WowKeren - Pasangan Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan Meghan Markle, mengumumkan bahwa mereka mengembalikan uang pajak warga Inggris yang dipakai untuk membiayai renovasi Frogmore Cottage, kediaman mereka sewaktu tinggal di Inggris.

Kabar ini dikonfirmasi melalui pernyataan yang dirilis oleh juru bicara pasangan tersebut pada Senin (7/9) kemarin, bahwa Harry dam Meghan sepenuhnya sudah menutupi biaya renovasi senilai USD 3 juta (Rp44,4 miliar).

"Duke of Sussex sudah membayar sejumlah uang untuk Sovereign Grant. Uang yang awalnya ditawarkan oleh Pangeran Harry sudah sepenuhnya membayar biaya renovasi Frogmore Cottage, properti dari Yang Mulia Ratu, dan akan tetap jadi kediaman Duke dan keluarganya," kata perwakilan pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle, sebagaimana dilansir dari Marie Claire pada Rabu (9/9).

Biaya tersebut semula ditanggung oleh Sovereign Grant, dana Inggris yang disisihkan untuk bangsawan yang dibiayai oleh pembayar pajak. Berdasarkan keterangan itu, sumbangan tersebut semula diberikan untuk membiayai renovasi Frogmore Cottage, properti milik Ratu Elizabeth II, yang akan tetap menjadi kediaman Harry dan keluarganya di Inggris.

Pasangan tersebut pun telah menempati Frogmore Cottage pada April 2019 tak lama sebelum kelahiran putra mereka, Archie Harrison. Pasangan itu kemudian berencana mengembalikan biaya renovasi secara dicicil, sebagai tindak lanjut atas keputusan mereka keluar dari kerajaan dan berusaha untuk mandiri secara finansial.


"Ini adalah langkah penting yang ingin mereka ambil," kata juru bicara tersebut. "Ini adalah sesuatu yang secara proaktif ingin mereka lakukan sejak menyatakan mundur. Mereka telah berinisiatif untuk melakukannya."

Sebagai informasi tambahan, Frogmore Cottage adalah sebuah rumah yang dibangun sejak abad ke-18 dan menjadi kado dari Ratu Elizabeth II untuk pernikahan Harry serta Meghan. Awalnya hunian itu terdiri atas lima rumah terpisah yang ditempati oleh staf kerajaan tetapi kemudian tak lagi ditempati selama beberapa tahun.

Biaya renovasi untuk Frogmore Cottage sepenuhnya didanai oleh uang pajak rakyat Inggris. Oleh karena itu, rakyat Inggris minta agar uang pajak tersebut dikembalikan saat Harry dan Meghan memutuskan untuk keluar dari keanggotaan Senior Royals sejak awal tahun 2020 ini.

Harry dan Meghan sendiri kini telah pindah ke Santa Barbara, California, Amerika Serikat. Keduanya dilaporkan membeli hunian mewah di kawasan elite yang juga ditempati oleh sejumlah selebriti tersohor Hollywood.

Baru-baru ini, keduanya menandatangani kesepakatan dengan Netflix untuk mengerjakan film dokumenter, film panjang, acara televisi, dan serial anak-anak. Dilaporkan bahwa kesepakatan tersebut bernilai fantastis.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts