Rajin Mandi Tapi Masih Beraroma Tak Sedap? Bisa Jadi Gara-gara 7 Makanan Penyebab Bau Badan Ini
iStock Photo
Lifestyle

Jika kalian sudah yakin telah menjaga kebersihan badan namun tetap saja memiliki bau tak sedap, bisa jadi bau badan yang tak sedap ini disebabkan karena makanan yang kalian konsumsi selama ini.

WowKeren - Bau badan menjadi salah hal yang paling sering dikeluhkan banyak orang. Meski sudah menjaga kebersihan tubuh, bau badan kerap saja datang. Hal ini tentu saja mengurangi percaya diri, apalagi banyak kasus bahwa orang tersebut tak sadar jika memiliki bau yang kurang sedap.

Jika kalian sudah yakin telah menjaga kebersihan badan namun tetap saja memiliki bau tak sedap, bisa jadi bau badan yang tak sedap ini disebabkan karena makanan yang kalian konsumsi selama ini. Hal ini disebabkan oleh keringat yang dikeluarkan tubuh.

Ketika keringat mengenai bakteri yang ada di permukaan kulit, baru kemudian bau badan muncul. Sementara, makanan yang kalian makan bisa memperkuat bau yang keluar dari badan. Hal ini terjadi ketika makanan penyebab bau badan tersebut memengaruhi aroma keringat setelah dicerna di dalam tubuh. Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis makanan yang bisa sebabkan bau badan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Bawang-bawangan


Bawang-bawangan
Pixabay

Bawang sudah banyak diketahui menjadi salah satu makanan yang bisa menyebabkan bau badan. Hal ini memang benar loh. Bawang putih dan bawang merah kaya akan senyawa belerang yang memberinya bau tajam. Ketika diserap ke dalam aliran darah, senyawa ini akan kembali keluar melalui paru-paru, sehingga membuat nafas bau.

Selain itu, bau bawang juga bisa keluar melalui keringat, sehingga menjadi salah satu makanan penyebab bau badan karena memiliki zat yang disebut dengan allicin. Zat ini secara ilmiah memang mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan. Namun, sayangnya zat ini justru memengaruhi aroma keringat loh.

2. Sayuran Mengandung Sulfur


Sayuran Mengandung Sulfur
Pixabay

Sayuran juga bisa menjadi sumber bau badan. Namun hanya sayuran cruciferous atau yang mengandung zat sulfur saja yang menyebabkan hal tersebut. Sayuran itu seperti brokoli, kembang kol, dan kol, jika keluar melalui keringat, kandungan sulfurnya akan membuat tubuh menjadi beraroma mirip telur busuk.

Meski begitu, kalian tidak perlu menghindarinya karena sayuran-sayuran ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Jika hendak menguranginya, gantilah dengan sayuran dan buah yang tidak mengandung sulfur seperti labu, ubi jalar, terong, jeruk, atau persik.

3. Junk Food


Junk Food
Pxhere

Selain tak sehat, junk food juga turut menjadi makanan sumber bau badan kalian loh. Junk food atau makanan cepat saji dipenuhi oleh bahan-bahan yang sudah diproses, yang akan meningkatkan kolesterol.

Kandungan lemak di dalam junk food membuat pencernaan bekerja keras ketika mengolahnya, karena itulah junk food menjadi salah satu makanan penyebab bau badan. Selain itu, bahan-bahan di dalam junk food juga tidak memiliki molekul penting klorofil, yang bisa membantu mengusir bau busuk dari tubuh.

4. Daging Merah


Daging Merah
Pxhere

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Chemical Senses mengungkapkan bahwa mengonsumsi daging merah dapat membuat keringat jadi lebih bau. Dalam penelitian tersebut, peneliti meminta sekelompok pria untuk makan daging merah dua kali sehari selama 14 hari. Selain itu, mereka juga meminta kelompok lain untuk tidak memakan daging merah dalam jangka waktu yang sama.

Pada hari terakhir percobaan, peneliti meminta para peserta untuk memasang bantalan khusus di bawah ketiak untuk mengumpulkan bau badan mereka. Bantalan itu kemudian dicium baunya oleh 30 wanita. Hasilnya, pria yang tidak makan daging merah memiliki bau badan yang lebih enak dan menarik. Peneliti menyebut asam lemak dalam daging dapat memengaruhi bakteri di kulit sehingga menciptakan bau menyengat.

5. Asparagus


Asparagus
Pixabay

Asparagus menjadi sayuran favorit banyak orang karena teksturnya yang renyah. Namun sayuran ini ternyata juga bisa menyebabkan bau badan loh. Sayur asparagus akan menyebabkan bau urine, karena senyawa sulfur mercaptan terurai di dalam sistem pencernaan. Padahal tubuh tidak memiliki enzim untuk menghancurkan senyawa mercaptan.

Meskipun begitu, munculnya bau busuk yang ditimbulkan dari efek memakan asparagus tersebut ternyata tidak tercium oleh semua orang, khususnya penderita anosmia. Anosmia sendiri merupakan kondisi di mana fungsi penciuman hidung tidak berfungsi. Terlepas dari bau busuk yang ditimbulkan, asparagus mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi loh.

6. Makanan Pedas


Makanan Pedas
Pxhere

Bagi kalian penyuka makan pedas, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan pedas ini, karena membuat kalian tidak menyadari memiliki bau badan yang tidak sedap. Makanan pedas memiliki kandungan kimia yang dapat masuk ke pembuluh darah, dan kemudian memengaruhi napas dan keringat.

Selain itu, gas yang dilepaskan melalui kulit, secara efektif mampu membuat badan mengeluarkan aroma tak sedap, yang dapat bertahan hingga beberapa jam. Tidak hanya itu, makanan pedas juga memicu lubang keringat terbuka lebih besar dan produksi keringat menjadi meningkat. Sehingga, dengan banyaknya keringat yang dihasilkan, maka kemungkinan tubuh mengeluarkan aroma tak sedap pun semakin besar.

7. Alkohol


Alkohol
Pixabay

Sudah menjadi rahasia umum jika minuman beralkohol bisa memengaruhi kesehatan tubuh dengan signifikan. Namun selain mengganggu kesehatan, alkohol juga bisa juga bisa memengaruhi aroma keringat menjadi jauh lebih menyengat. Pakar kesehatan mengatakan, tubuh ternyata menganggap alkohol yang kita tenggak sebagai racun yang bisa membahayakan kesehatan.

Sebagaimana racun pada umumnya, maka minuman ini akan langsung diarahkan ke hati untuk segera dinetralisir. Sayangnya, dalam sistem metabolisme yang normal, hati hanya mampu memproses 12 ons minuman beralkohol berjenis bir setiap jamnya. Karena hati tak mampu mengolah alkohol dengan sempurna, maka ada banyak sekali alkohol yang kemudian memasuki pembuluh darah. Hasil metabolisme alkohol ini terdapat asam diakonia yang memiliki aroma mirip dengan cuka loh.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru