Jangan Tertipu dengan Kecantikannya! 7 Tanaman Hias Ini Ternyata Bisa Membahayakan Penghuni Rumah
SerbaSerbi

Ada beberapa jenis tanaman hias yang terlihat cantik namun ternyata beracun dan bisa membahayakan kesehatan manusia. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

WowKeren - Memiliki hunian yang nyaman dan indah menjadi dambaan setiap orang. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya adalah dengan meletakkan tanaman hias yang indah di area rumah.

Namun perlu diketahui bahwa ada beberapa jenis tanaman tertentu yang justru dapat membahayakan kesehatan penghuni rumah. Meski terlihat indah dan cantik dari luar, tanaman hias tersebut justru mengandung racun yang bahkan bisa menyebabkan kematian.

Waduh, bahaya banget kan? Oleh sebab itu, sebelum memutuskan akan meletakkan tanaman hias di area rumah, sebaiknya ketahui dulu beberapa jenisnya yang berbahaya agar bisa kalian hindari. Penasaran? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Kuping Gajah


Kuping Gajah

Tanaman hias pertama yang mengandung racun adalah kuping gajah. Meski memiliki tampilan menarik dan sedap dipandang, tanaman yang masuk dalam keluarga talas dan keladi ini justru menyimpan racun yang berbahaya. Daunnya dapat menyebabkan dinding saluran pernafasan membengkak hingga menutup jalan keluar masuk udara.

Jika kalian tidak sengaja menggosok daun kuping gajah ke anggota tubuh, kalian akan merasa gatal dan sensasi terbakar yang amat parah. Bahkan jika tidak sengaja tertelan, tanaman satu ini dapat menyebabkan pembengkakan di lidah dan mulut. Jika terjadi dalam jangka panjang, tanaman ini bisa membuat seseorang kesulitan bernafas. Karena itulah sebaiknya jauhkan tanaman ini dari rumah, agar tidak terjangkau oleh anggota keluarga apalagi anak-anak.

2. Sri Rejeki


Sri Rejeki

Tanaman yang memiliki nama ilmiah dieffenbachia ini sering menjadi incaran para pecinta tanaman karena bentuknya yang cantik dan unik. Namun di baliknya, tanaman sri rejeki ternyata memiliki getah beracun yang cukup berbahaya.

Pasalnya getah tersebut mengandung kalsium oksalat yang bisa menyebabkan gatal-gatal di bagian bibir dan lidah. Bahkan dalam kondisi yang parah, getah tanaman ini bisa membuat seseorang mengalami kejang dan gangguan pernafasan. Oleh sebab itu, pastikan untuk menjauhkan tanaman ini dari rumah kalian.

3. Foxglove


Foxglove

Foxglove dikenal sebagai salah satu jenis tanaman hias yang memiliki tampilan sangat cantik dan berbentuk seperti lonceng yang unik. Karena itulah tanaman satu ini sering menjadi perhatian anak-anak saat mekar. Sayang, di balik kecantikannya tersebut, seluruh bagian foxglove mengandung glikosida yang berbahaya.

Senyawa kimia tersebut dapat memicu reaksi keracunan bila bersentuhan dengan kulit kalian. Beberapa reaksi yang muncul adalah mual, muntah, diare, sakit perut, halusinasi hingga sakit kepala dan delirium. Bahkan dalam kondisi yang parah, glikosida dari foxglove dapat menyebabkan tremor, kejang-kejang, denyut nadi melemah hingga gangguan irama jantung yang dapat membahayakan nyawa.

4. Bunga Lily


Bunga Lily

Karena keindahan yang dimilikinya, bunga lily bisa membuat siapapun terpikat. Karena bunga ini memiliki warna putih yang elegan dan wangi semerbak, mungkin pernah terbesit di pikiran kita untuk meletakkannya di sudut rumah sebagai hiasan. Namun, sebaiknya urungkan niat tersebut karena bunga ini mengandung racun yang berbahaya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh US Food and Drug Administration, bunga ini bisa membahayakan, terutama bagi kalian yang memiliki peliharaan di rumah. Jika hewan peliharaan kalian menjilat atau memakan daunnya, ia bisa mengalami beberapa dampak berbahaya seperti sakit perut dan muntah-muntah. Selain itu, racun dari bunga lily juga dapat menyebabkan hewan kesayangan kalian mengalami gagal ginjal akut hingga kematian.

5. Philodendron


Philodendron

Salah satu alasan orang membeli tanaman hias adalah untuk menyejukkan ruangan dengan tampilan hijau yang menyegarkan. Karena itu, tidak sedikit dari mereka yang memilih philodendron karena memenuhi kriteria tersebut.

Sayangnya, tanaman yang memiliki bentuk daun melengkung dan lancip ini tergolong sangat beracun. Jika tidak sengaja ditelan, tanaman ini dapat menyebabkan pembengkakan pada bibir, lidah dan tenggorokan. Bahaya banget kan, apalagi jika ada anak kecil di rumah kalian.

6. Tanaman Dolar atau ZZ Plant


Tanaman Dolar atau ZZ Plant

Tanaman Dolar merupakan salah jenis tanaman yang paling sering dipilih untuk dijadikan hiasan di sudut ruangan. Namun perlu diketahui bahwa tanaman satu ini memiliki racun yang berupa senyawa oksalat yang dapat menyebabkan kulit iritasi dan gatal-gatal.

Jika kalian dan penghuni rumah yang lain tidak sengaja menyentuhnya, pastikan untuk mencuci tangan menggunakan sabun sampai benar-benar bersih. Dan bila kalian tetap ingin memajangnya di dalam rumah, sebaiknya gunakan sarung tangan saat memindahkannya dari sudut satu ke sudut yang lain agar tidak berkontak langsung dengan kulit.

7. Rhubarb


Rhubarb

Tanaman hias berikutnya yang tak kalah berbahaya jika dipajang di dalam rumah adalah rhubarb. Meskipun batangnya dapat dikonsumsi karena memiliki citarasa yang lezat, daun rhubarb justru mengandung racun yang sangat berbahaya.

Daunnya mengandung asam oksalat yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal serius hingga kematian. Karena itulah sebaiknya berhati-hatilah saat meletakkan tanaman ini di area rumah dan jangan mengkonsumsi bagian batangnya secara berlebihan.

Demikian tujuh tanaman hias yang cantik namun berbahaya yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa bunga hias yang mudah ditanam di dalam rumah. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips memulai budidaya tanaman hias di tengah pandemi Corona.

You can share this post!

Related Posts