Mempermudah Pekerjaan Rumah, Ini 8 Life Hack Soda Kue yang Jarang Diketahui
Shutterstock
SerbaSerbi

Selain bermanfaat sebagai pengembang, soda kue ternyata juga memiliki sejumlah kegunaan yang bisa mempermudah pekerjaan rumah tangga. Penasaran apa saja itu?

WowKeren - Baking soda atau soda kue merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk membuat kue. Hal ini dikarenakan soda kue memiliki sifat ragi yang bisa membuat adonan mengembang dengan menghasilkan karbon dioksida.

Di balik manfaatnya tersebut, soda kue ternyata memiliki banyak fungsi lain yang bisa memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan rumah tangga. Ini bisa terjadi karena soda kue mampu membantu mengatur pH serta menjaga zat agar tidak terlalu asam atau basa. Selain itu, soda kue juga dapat memperlambat perubahan lebih lanjut dalam keseimbangan pH atau yang biasa dikenal dengan buffering.

Kemampuannya sebagai penetralisir dan penyangga itulah yang bisa membuat soda kue mampu melakukan sejumlah tugas pembersihan dan menghilangkan bau di rumah Anda. Nah biar lebih semangat untuk menggunakannya, sebaiknya simak dulu berbagai life hack soda kue yang jarang diketahui dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Membersihkan Area Kamar Mandi


Membersihkan Area Kamar Mandi
pixabay.com

Kamar mandi merupakan salah satu tempat di dalam rumah yang menjadi sarang bakteri. Karena itulah berbagai masalah akan menghampiri seperti lantai berlumut, bak mandi berjamur, sikat gigi kotor hingga saluran air tersumbat. Untuk membersihkannya, kita pasti akan cukup kesulitan dan butuh waktu lama sampai kembali kinclong.

Tapi dengan soda kue, Anda bisa membersihkannya dengan mudah tanpa harus menghabiskan waktu yang lama. Caranya mudah, sebab Anda hanya perlu mencampur satu ember air hangat dengan setengah cangkir soda kue. Gunakan campuran tersebut untuk menyiram semua bagian yang ingin dibersihkan sambil gosok secara perlahan. Setelah itu, dijamin kamar mandi Anda akan bersih dari noda, kuman dan bakteri sehingga menjadi lebih higienis.

2. Menghilangkan Noda dan Jamur Pada Pakaian


Menghilangkan Noda dan Jamur Pada Pakaian
pxhere.com

Jika Anda merasa kesulitan dalam menghilangkan noda membandel pada pakaian, sebaiknya gunakan soda kue untuk membersihkannya. Manfaat ini bisa didapat karena soda kue dapat menetralkan asam pada pakaian yang telah terkena noda seperti krayon, tinta, bekas keringat dan lain sebagainya. Caranya sangat mudah, sebab Anda hanya perlu merendam pakaian tersebut ke dalam air panas yang telah dicampur dengan soda kue. Setelah didiamkan selama beberapa saat, Anda bisa mencuci pakaian seperti biasa.

Selain itu, soda kue juga dapat menghilangkan jamur pada pakaian karena jarang dipakai. Cara penggunaannya cukup mudah, sebab Anda hanya perlu mencampur soda kue dan air sampai berbentuk seperti pasta lalu gosokkan pada pakaian yang berjamur. Setelah itu Anda bisa mencuci pakaian seperti biasa menggunakan campuran deterjen dan soda kue.

3. Pengganti Sabun Cuci


Pengganti Sabun Cuci
pxhere.com

Ini adalah solusi yang tepat bagi Anda jika tiba-tiba kehabisan sabun cuci di rumah. Sebab soda kue dapat digunakan sebagai pengganti sabun cuci alat-alat dapur, menghilangkan minyak yang menempel di wadah serta mengatasi noda gosong pada wajan.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah. Jika hanya ingin mencuci biasa, Anda cukup menaburkan soda kue pada spons lalu gunakan untuk mencuci wadah yang kotor. Bila nodanya cukup membandel, diamkan semalaman dengan air panas. Sedangkan untuk menghilangkan noda gosong, Anda bisa menaburkan soda kue pada permukaan wajan, siram dengan air lalu didihkan. Setelah itu diamkan wajan semalaman lalu bersihkan seperti biasa.

Selain itu, soda kue ternyata juga bisa digunakan untuk membersihkan buah dan sayur loh. Caranya mudah, pertama-tama cuci buah dan sayur di dalam mangkuk yang telah diisi dengan air bersih kemudian tambah dengan dua sendok makan soda kue. Dengan begitu, buah dan sayur Anda akan lebih bersih dan bebas dari kuman maupun bakteri!

4. Membersihkan Perhiasan


Membersihkan Perhiasan
pxhere.com

Seiring dengan berjalannya waktu, kilau perhiasan akan memudar karena berbagai noda yang menempel di atas permukaannya. Meski demikian, jangan terburu-buru menjualnya, sebab Anda bisa mengembalikan kecantikannya dengan menggunakan soda kue.

Untuk melakukannya, ada beberapa langkah mudah yang harus Anda lakukan. Pertama, gosok soda kue ke permukaan perhiasan Anda lalu diamkan selama lima menit. Setelah dibersihkan dengan air, dijamin perhiasan Anda akan mengkilat seperti baru lagi!

5. Menyegarkan Udara dalam Ruangan


Menyegarkan Udara dalam Ruangan
pixabay.com

Tinggal di lingkungan yang bersih dan segar menjadi idaman setiap orang. Sayangnya, berbagai polusi, noda dan bau tak sedap bisa membuat ruangan terasa pengap. Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama, kita tentu tidak lagi merasa nyaman tinggal di dalam rumah.

Apa Anda juga mengalami hal ini? Jika iya, sebaiknya tetap tenang dan jangan khawatir, sebab Anda bisa menggunakan soda kue untuk menyegarkan udara dalam ruangan. Caranya mudah, cukup taburkan soda kue ke atas karpet ruang tamu lalu diamkan sampai udara terasa kembali segar. Setelah itu, bersihkan sisa serbuk soda kue menggunakan sapu atau vacuum cleaner.

6. Mengusir Kutu dari Kasur


Mengusir Kutu dari Kasur
pxhere.com

Kasur atau matras tidur menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan kualitas tidur seseorang. Semakin bersih kasur yang digunakan, maka semakin nyenyak tidur seseorang. Sebaliknya, jika kasur di rumah cukup kotor serta dipenuhi dengan tungau, kutu kasur hingga debu, kenyenyakan tidur Anda pasti akan terganggu. Oleh sebab itu, sebaiknya segera atasi masalah tersebut dengan soda kue agar Anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Untuk melakukannya, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan. Pertama-tama campurkan 15 ons soda kue dengan 15 tetes minyak esensial lalu tabur dan gosok-gosokkan pada kasur. Biarkan selama 30 menit lalu sapu atau sedot menggunakan vacuum cleaner. Jika dilakukan secara rutin, kasur atau matras tidur dijamin bakal selalu bersih sehingga Anda bisa beristirahat dengan lebih nyenyak.

7. Membersihkan Residu Baterai


Membersihkan Residu Baterai
pxhere.com

Fungsi ajaib berikutnya yang dimiliki oleh soda kue adalah membersihkan residu baterai. Hal ini dikarenakan soda kue dapat menetralkan korosi asam baterai dan aki pada mobil, mesin pemotong rumput serta peralatan lainnya karena akali ringan.

Pertama-tama, campurkan soda kue dan air sampai berbentuk seperti pasta lalu oles dengan kain lembab untuk menggosok korosi dari terminal baterai. Setelah itu hubungkan kembali ke terminal dan bersihkan dengan petroleum jelly guna mencegah munculnya korosi lanjutan. Ingat, pastikan untuk selalu berhati-hati karena baterai mengandung asam yang cukup kuat.

8. Menghilangkan Berbagai Macam Bau Apek dan Menyengat


Menghilangkan Berbagai Macam Bau Apek dan Menyengat
pxhere.com

Fungsi berikutnya dari soda kue ini juga tak kalah ajaib. Karena kandungan yang dimilikinya, soda kue dapat menghilangkan bau apek pada lemari pakaian, bau tak sedap di lemari es dan tempat sampah hingga bau menyengat pada sepatu yang telah lama tidak dicuci.

Untuk menghilangkan bau tak sedap di tempat sampah, Anda bisa menaburkan soda kue di bagian dasar untuk menetralisir bau busuk saat sudah penuh. Sedangkan untuk mengurangi bau menyengat di lemari es, Anda bisa meletakkan wadah terbuka yang telah diisi dengan soda kue di bagian belakang kemari es.

Sementara untuk menghilangkan bau apek pada lemari pakaian, cukup letakkan mangkuk berisi soda kue di dalam lemari. Dan untuk mengatasi bau menyengat pada sepatu, Anda bisa menaburkan soda kue ke dalam sepatu lalu kocok atau goyangkan sampai merata.

Demikian delapan fungsi ajaib soda kue yang dapat mempermudah pekerjaan rumah tangga. Simak juga artikel ini untuk mengetahui life hack hand sanitizer selain untuk membersihkan tangan. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui ragam manfaat baby oil untuk kecantikan wanita.

You can share this post!

Related Posts