Berlangsung Kacau, Debat Capres AS Trump-Biden Disebut Yang Terburuk
Dunia

Dalam debat itu, Trump dinilai enggan memberikan kesempatan pada lawannya untuk berbicara. Bahkan moderator di acara itu seolah kalah dengan berondongan Trump.

WowKeren - Debat calon presiden menjadi agenda yang lumrah menjelang pelaksanaan Pemilihan Presiden. Melalui debat capres, publik bisa mendapat gambaran seberapa besar kemampuan dan kecakapan calon mereka dalam memimpin negara.

Namun rupanya, debat capres antara Donald Trump dan Joe Biden yang digelar pada Selasa (29/9) malam waktu setempat cukup menuai sorotan. Pasalnya, debat ini berlangsung "tak biasa". Bahkan debat itu disebut-sebut sebagai yang paling kacau sepanjang sejarah Amerika modern.

Wartawan senior sekaligus pembawa acara CNN Jake Tapper menyebut bahwa apa yang terjadi malam itu bukanlah debat. "Itu adalah debat terburuk yang pernah saya lihat. Itu bahkan bukan debat. Itu adalah aib," ujarnya dilansir dari Washington Post, Rabu (30/9).

Hal senada juga diungkapkan oleh rekan Tapper, Dana Bash. "Saya hanya akan mengatakannya seperti itu. Itu adalah pertunjukan yang sangat buruk," katanya.

Moderator debat utama sebelumnya, George Stephanopoulos dari ABC, juga sejalan dengan Tapper. "Sebagai penonton selama 40 tahun, itu adalah debat presiden terburuk yang pernah saya lihat," tuturnya.


Dalam debat tersebut, Trump dinilai enggan memberikan kesempatan pada lawannya untuk berbicara. Bahkan Chris Wallace yang berperan sebagai moderator di acara itu seolah kalah dengan berondongan Trump.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh pembawa acara "Meet the Press" NBC, Chuck Todd. "Dia membuldoser di atas Chris Wallace, membuldoser dan, terkadang, membuat bingung Joe Biden," ujarnya menggambarkan situasi debat kala itu.

Sementara itu, para pengamat menyoroti sikap Trump yang terus-menerus menginterupsi dan berbicara tentang Biden. Mereka juga memperdebatkan ketidakmampuan moderator Chris Wallace untuk mengendalikan debat.

Debat berlangsung sangat kacau. Pembawa acara MSNBC Nicolle Wallace menyebut jika Trump bahkan tak bersikap sebagai pendebat.

"Chris Wallace tidak bertindak seperti moderator. Donald Trump tidak bertindak sebagai pendebat," kata Nicole. "Donald Trump adalah abuser dan Chris Wallace termasuk di antara korbannya.

"

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts