Jokowi Yakin Indonesia Bakal Normal Kembali Usai Kehadiran Vaksin COVID-19
Nasional

Presiden Joko Widodo alias Jokowi berharap situasi bisa kembali normal pada akhir 2020 atau awal 2021 di mana vaksin akan sudah mulai disuntikkan ke sebagian penduduk.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi kembali memberikan bantuan modal kerja atau BMK ke sejumlah pengusaha kecil. Hal itu dilakukan di halaman Istana Merdeka hari ini, Rabu (30/9).

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengaku paham dengan kondisi saat ini dimana para pelaku usaha telah ikut terdampak pandemi. Pandemi membuat pemasukan mereka menurun.

Ia berpesan agar para pelaku usaha bisa bertahan di tengah situasi yang serba tidak menjanjikan seperti sekarang ini. Terlebih lagi mereka sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

"Saya tahu keadaan bapak ibu semua, omzetnya pasti turun, keuntungannya pasti turun," kata Jokowi. "Dan keadaannya seperti itu memang, semuanya, yang dulu omzetnya bisa satu juta sehari sekarang sisa 500."

Pemerintah telah memberikan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta. Langkah ini diharapkan bisa menjadi stimulus agar para pengusaha kecil tak perlu menutup usaha mereka.


Jokowi meminta agar pelaku usaha bisa bertahan di keadaan ini sampai akhir tahun. Kepala Negara berharap situasi bisa kembali normal pada akhir 2020 atau awal 2021 di mana vaksin akan sudah mulai disalurkan.

"Moga-moga di akhir tahun atau awal tahun depan vaksinnya sudah mulai disuntikkan," kata mantan Wali Kota Surakarta itu. "Nah kalau vaksin sudah disuntikkan, artinya situasi akan menuju pada normal kembali."

Kendati demikian, Jokowi juga mengingatkan jika proses penyuntikan vaksin juga tidak akan mungkin dilakukan dalam waktu sekejap. Nantinya diperkirakan akan ada sekitar 170 juta jiwa yang akan divaksinasi. Yang mana, hal ini bisa jadi akan memakan waktu berbulan-bulan.

"Tapi supaya bapak ibu tahu, yang disuntik itu kurang lebih 170 juta sampai 180 juta (jiwa)," ujar Jokowi. "Coba butuh berapa bulan, juga ini memerlukan kerja keras kita semua."

Sementara itu, epidemiolog UI Pandu Riono mengingatkan agar publik tidak terbuai dengan vaksin. Sebab penanganan pandemi memerlukan totalitas mulai dari sistem kesehatan hingga penerapan 3M yang merupakan strategi utama.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru