Takut Traveling di Era New Normal? 7 Tips Virtual Tour Ini Bantu Kalian Liburan Asyik Saat Pandemi
Travel
Skenario New Normal COVID-19

Bagi kalian yang masih takut pergi berlibur di era new normal, tak ada salahnya untuk mengikuti virtual tour guna mendapatkan pengalaman liburan yang asyik dan aman. Sebelum itu, simak dulu beberapa tipsnya berikut ini.

WowKeren - Di era new normal seperti saat ini, sejumlah kawasan wisata sudah mulai dibuka. Masyarakat yang berkunjung pun diharuskan untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19 demi meminimalisir penularan virus asal Wuhan tersebut.

Karena itulah, masyarakat langsung berbondong-bondong mendatangi berbagai destinasi wisata untuk menyegarkan pikiran setelah berbulan-bulan menghabiskan lebih banyak waktunya di rumah. Akibatnya, tidak sedikit destinasi wisata yang membludak karena dipenuhi oleh pengunjung.


Bagi sebagian orang, kondisi ini menjadi salah satu alasan mereka enggan berwisata atau melakukan traveling di era new normal. Banyak dari mereka yang lebih memilih untuk di rumah saja daripada mengambil risiko tertular virus Corona di tempat wisata.

Apa kamu juga merasakan hal ini? Jika iya, sebaiknya hibur dirimu dengan mengikuti virtual tour sehingga kamu bisa tetap jalan-jalan asyik tanpa khawatir tertular virus Corona. Nah sebelum itu, sebaiknya simak dulu beberapa tipsnya berikut ini agar liburan online yang kamu jalani berlangsung menyenangkan.

(wk/eval)

1. Pilih Operator Wisata yang Terpercaya


Pilih Operator Wisata yang Terpercaya

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah memilih operator wisata dengan selektif. Pastikan untuk memilih operator tur yang kredibel, profesional dan sudah terpercaya dalam memandu traveling. Kamu bisa mencari informasinya di internet atau melalui media sosial milik para traveler, travel blogger, atau backpacker.

Meski hanya bersifat online, operator tur yang kredibel akan memberikan virtual tour yang berkualitas sehingga kamu bisa liburan dengan lebih menyenangkan. Operator tur yang kredibel tak hanya akan menjelaskan suatu objek wisata, namun juga membekali guide dengan berbagai informasi menarik tentang lokasi yang akan kamu kunjungi secara virtual.

2. Cari Tahu Sistem Pembayaran yang Ditawarkan


Cari Tahu Sistem Pembayaran yang Ditawarkan

Operator tur biasanya akan menawarkan beberapa opsi pembayaran saat kalian melakukan pendaftaran. Ada yang benar-benar gratis, ada yang berbayar dengan tarif yang sudah ditentukan, ada pula yang membebaskanmu menentukan harganya.

Umumnya, virtual tour yang menetapkan tarif harga di awal akan memberikan sensasi liburan online yang lebih berkualitas. Misalnya kamu akan dipandu oleh guide dari destinasi wisata secara langsung. Selain itu, kamu juga berpeluang mendapat diskon jika mendaftar lebih dari satu orang. Menarik banget kan?

3. Sesuaikan Jadwal Virtual Tour dengan Waktu Luangmu


Sesuaikan Jadwal Virtual Tour dengan Waktu Luangmu

Agar aktivitas liburan online-mu berjalan seru dari awal sampai akhir, pastikan untuk memilih jadwal yang tepat. Pilih tanggal dan waktu virtual tour yang sesuai dengan jadwal luang atau hari liburmu.

Hal ini tentu penting dilakukan agar virtual tour tidak terganggu oleh aktivitas lain yang menjadi kewajibanmu. Pastinya enggak seru kalau di tengah liburan online, kamu tiba-tiba ditagih deadline pekerjaan oleh atasan. Duh, pasti mengesalkan banget kalau itu sampai terjadi!

4. Bawa Camilan dan Minuman Favorit


Bawa Camilan dan Minuman Favorit

Meskipun bersifat virtual, liburanmu dijamin bakal lebih asyik jika ditemani dengan camilan dan minuman favorit. Virtual tour yang berkualitas umumnya memakan waktu yang cukup lama sekitar 60-120 menit. Karena itu, kamu sebaiknya kamu membawa bekal favorit selama acara berlangsung biar enggak bosan di tengah acara.

Ada beberapa jenis camilan sehat dan nikmat yang bisa kamu jadikan bekal saat mengikuti virtual traveling. Di antaranya adalah salad buah, dark chocolate, oatmeal, telur dan ubi rebus, yoghurt, kacang-kacangan, smoothies, granola serta jus buah yang segar.

5. Usahakan Aktif Bertanya


Usahakan Aktif Bertanya

Saat virtual tour, guide biasanya akan menyediakan sesi tanya jawab bagi para peserta yang berpartisipasi. Saat sesi tersebut dimulai, usahakan untuk aktif bertanya dan galilah informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi wisata yang kamu jelajahi secara online. Hal ini tak hanya berguna untuk menambah wawasan, namun juga bisa sangat menguntungkan jika kamu berencana untuk mengunjungi lokasi tersebut secara langsung.

6. Buat Catatan Kecil Untuk Menulis Informasi Penting


Buat Catatan Kecil Untuk Menulis Informasi Penting

Tips satu ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Selama guide memandu, pastikan untuk mendengarkan penjelasannya dengan seksama. Karena bakal sayang banget jika kamu hanya mengikuti virtual tour untuk menghilangkan rasa jenuh tanpa menyerap informasi yang berkaitan dengan destinasi wisata tersebut.

Agar informasi maupun penjelasan penting dari guide enggak kamu lewatkan begitu saja, sebaiknya buat catatan kecil dan tulis hal-hal yang menurutmu menarik. Sehingga jika nanti kamu berniat untuk mendatangi destinasi tersebut secara langsung, kamu takkan kebingungan karena bisa melihat informasi yang berkaitan di catatanmu.

7. Jangan Lupa Abadikan Momen Tersebut


Jangan Lupa Abadikan Momen Tersebut

Tips satu ini bersifat opsional. Tapi bagi kamu yang suka eksis di media sosial, tips satu ini tentunya enggak bisa dilewatkan begitu saja. Kamu bisa mengambil tangkapan layar atau berfoto dengan laptop dan peralatan pendukung sebagai bukti telah mengikuti virtual tour tersebut.

Setelah itu, kamu bisa mengunggahnya di media sosial untuk menceritakan pengalaman tersebut dan mengajak teman untuk melakukan kegiatan serupa. Siapa tahu mereka juga sedang bosan dan belum berani liburan secara langsung, sehingga kamu bisa memberikan rekomendasi operator tur dan berbagi kiat khusus terkait virtual tour.

Demikian tujuh tips mengikuti virtual tour yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips liburan aman dan menyenangkan di tengah era new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips menginap di hotel selama pandemi Corona.

You can share this post!

Related Posts