Alun-Alun Bawah Tanah Surabaya Gagal Diresmikan Saat Hari Pahlawan, Kenapa?
Nasional

Sebelumnya, Pemkot telah meresmikan Plaza Alun-alun Surabaya bagian atas di Komplek Balai Pemuda. Untuk alun-alun bawah tanah ini, rencananya akan mengusung konsep plaza

WowKeren - Alun-alun bawah tanah Kota Surabaya yang berlokasi di Balai Pemuda rupanya belum bisa rampung pada 10 November mendatang. Alun-alun ini sedianya akan diresmikan pada 10 November bertepatan dengan hari Pahlawan.

Namun dikarenakan ada kendala membuat penyelesaian proyek tersebut mundur dari target. Disampaikan oleh Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Surabaya Iman Krestian, pengerjaan sempat terhenti saat terjadi aksi demonstrasi Oktober lalu.

Sedangkan konstruksi finalisasi yang akan dipasang menggunakan bahan sebagian besar yang terbuat dari material kaca. "Jadi itu yang agak riskan itu," ujar Iman, Senin (9/11).

Untuk itu, Pemkot Surabaya akan mengejar pengerjaan tersebut hingga bisa rampung bulan ini. "Diupayakan akhir November bisa rampung," katanya lagi.


Proyek pengerjaan alun-alun bawah tanah, dikatakannya, bisa rampung sesuai jadwal jika tidak terhenti beberapa waktu lalu. Saat ini pekerjaan yang dilakukan adalah mempercantik area pedestrian.

Kabar baiknya, proses pengerjaan sudah mencapai 97 persen atau hampir selesai. "Lagi proses juga pembuatan skate park, ini lagi dikerjakan," terangnya.

Sebelumnya, Pemkot Surabaya telah meresmikan Plaza Alun-alun Surabaya bagian atas di Komplek Balai Pemuda. Untuk alun-alun bawah tanah ini, rencananya akan mengusung konsep plaza yang bisa dipakai berbagai komunitas.

Alun-alun bawah tanah ini memiliki luas sekitar 2.500 meter persegi. Nantinya akan ada area khusus untuk anak-anak yang ingin bermain skateboard. Pameran dan festival juga akan digelar di tempat ini.

Alun-alun ini, diharapkan bisa menjadi destinasi warga Surabaya dari berbagai komunitas. Sebab tak hanya menyuguhkan tempat untuk anak-anak atau gelaran festival, nantinya juga akan ada lokasi untuk melangsungkan bazar.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts