Belum Genap Sepekan Menjabat, Presiden Peru Mengundurkan Diri
Dunia

Lantaran situasi negara yang kian pelik akibat gelombang demonstrasi, Kongres pun mendesak Merino untuk segera mundur guna mendinginkan situasi yang kian memanas.

WowKeren - Presiden sementara Peru Manuel Merino mengumumkan pengunduran dirinya pada Minggu (15/11). Pengumuman ini dikeluarkan lima hari setelah ia menjabat, di tengah meluapnya gelombang protes besar-besaran terhadap dirinya.

"Saya ingin mengumumkan pengunduran diri saya ke seluruh negeri," kata Merino melalui acara yang disiarkan di televisi, seperti dilansir dari Anadolu Agency, Senin (16/11). Sejak ia diangkat sebagai presiden, gelombang masa ramai turun ke jalan di ibu kota Lima.

Gelombang aksi unjuk rasa ini juga berujung kerusuhan. Sehari sebelum mengumumkan pengunduran diri ini, tindakan keras polisi terhadap pengunjuk rasa setidaknya telah menewaskan dua orang. Selain itu, puluhan orang dilaporkan mengalami luka-luka.

Merino diketahui mengambil alih kursi kepresidenan setelah anggota parlemen memberikan suara pada hari Senin untuk mendakwa pendahulunya Vizcarra atas dugaan penyuapan. Yang mana, tuduhan ini telah dibantah oleh Vizcarra.


Lantaran situasi negara yang kian pelik akibat gelombang demonstrasi, Kongres pun mendesak Merino untuk segera mundur guna mendinginkan situasi yang kian memanas. Desakan itu keluar setelah mereka menggelar rapat darurat pada Minggu pagi.

Akibat mundurnya Merino ini, Kongres terpaksa harus menunjuk presiden baru lagi, yang ketiga dalam waktu kurang dari sepekan. Peru sendiri saat ini tengah dihadapkan pada kemerosotan ekonomi yang parah akibat pandemi virus corona.

Sementara itu, Merino mengatakan bahwa untuk menghindari "kekosongan kekuasaan," 18 menteri yang dia sumpah pada hari Kamis akan tetap menduduki kursi mereka. Namun beberapa telah mengundurkan diri seiring dengan protes yang meletus pada Sabtu (14/11).

Pengunduran diri Merino pun disambut riuh dengan perayaan di Lima. Para demonstran turun ke jalan sambil membunyikan klakson dan memukul pot.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait