Harga Vaksin COVID-19 AstraZeneca Diperkirakan Berkisar Rp42 Ribu-an
Dunia

AstraZeneca mengumumkan akan menyediakan 1,3 miliar dosis vaksin di musim panas mendatang. Mereka memastikan bahwa vaksin tidak ditimbun oleh negara-negara terkaya di dunia.

WowKeren - Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Univeristy of Oxford dan AstraZeneca akan tersedia dengan harga dasar untuk negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah. Jika dirupiahkan, satu dosis vaksin diperkirakan seharga Rp42 ribu.

Rincian rencana untuk memasok vaksin ke negara-negara menengah ke bawah muncul sesaat setelah AstraZeneca mengungkapkan hasil sementara dari uji coba Fase 3 vaksin Covid-19 eksperimentalnya menunjukkan efektivitas 90 persen. AstraZeneca percaya diri bahwa uji coba itu sebagai yang pertama memenuhi persyaratan bagi negara berkembang.

Berbeda dengan dua vaksin yang diproduksi oleh Moderna dan Pfizer-BioNTech yang membutuhkan penyimpanan sangat amat dingin, vaksin AstraZeneca dapat disimpan dalam lemari es konvensional. Itu artinya, kulkas biasa dapat digunakan menyimpan vaksin itu dengan masa simpan hingga enam bulan.


Selain itu, tidak seperti vaksin Pfizer-BioNTech, vaksin eksperimental AstraZeneca sudah menjadi bagian dari Covax. Covax sendiri merupakan inisiatif global yang bertekad mendistribusikan sekitar dua miliar dosis vaksin ke-92 negara berpenghasilan rendah dan menengah dengan harga maksimum tiga dolar AS atau Rp 42 ribu per dosis.

"Elemen kunci kemitraan Oxford dengan AstraZeneca adalah komitmen bersama menyediakan vaksin secara nirlaba selama pandemi di seluruh dunia, dan selamanya ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah," tulis keterangan resmi AstraZeneca, sebagaimana dilansir dari Republika.

AstraZeneca mengumumkan akan menyediakan 1,3 miliar dosis vaksin di musim panas mendatang. Tujuannya untuk memastikan bahwa vaksin apa pun tidak ditimbun oleh negara-negara terkaya di dunia.

Keberhasilan vaksin menjadi kabar baik. Tetapi harga tinggi vaksin dapat membatasi akses perolehannya bagi semua orang, sehingga AstraZeneca memilih meluncurkan vaksin dengan harga lebih terjangkau.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait