8 Jenis Minuman Kopi Ala Cafe Yang Sering Bikin Bingung, Bisa Dibuat Sendiri Di Rumah!
Kuliner

Tak hanya berbeda penampilannya saja, namun rasa yang diberikan juga sangat jauh berbeda. Kalian harus berhati-hati dalam memilihnya agar sesuai denga selera.

WowKeren - Saat kalian mengunjungi cafe, di sana akan banyak menu minuman berbahan dasar kopi yang cukup membingungkan. Banyak orang yang mengaku cukup mengenai hal ini. Aneka macam olahan kopi, memiliki ciri khas berbeda dan menjadi idola di hati para penikmatnya.

Oleh sebab itu, kalian harus mengenali macam-macam jenis minuman kopi yang perlu diketahui sebelum memesan. Tak hanya berbeda penampilannya saja, namun rasa yang diberikan juga sangat jauh berbeda. Kalian harus berhati-hati dalam memilihnya agar sesuai denga selera.

Untuk itu, berikut tim Wowkeren rangkum 8 jenis menu kopi yang sering terdapat dalam menu cafe. Beberapa menu ini sangat sederhana dan dapat kalian buat sendiri di rumah. Penasaran? Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Espresso


Espresso

Espresso bisa dibilang adalah dasar dari hampir semua minuman kopi. Espresso memiliki konsentrasi rasa yang sangat pekat. Minuma ini dibuat dengan cara memberi kopi yang sudah digiling tekanan dari air panas. Untuk bisa menghasilkan espresso, kalian butuh mesin khusus yang disebut mesin espresso.

Di bagian atasnya terdapat krema, yaitu busa berwarna keemasan yang dihasilkan dari kombinasi udara dan minyak bubuk kopi. Krema adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari espresso. Kopi ini biasanya disajikan dalam porsi yang sediki yakni 30 ml karena rasanya yang kuat. Jika kalian tak terbiasa mengkonsumsi kopi yang pahit, hindari pesan kopi ini ya.

2. Americano


Americano

Americano adalah minuman yang juga umum ditemukan pada café hits. Kalian pasti sudah sering melihat idol korea meminum Americano baik panas atau dingin. Pada dasarnya americano sama dengan espresso, tetapi menggunakan lebih banyak air. Jadi rasa kopinya tidak terlalu kental dan tidak terlalu kuat.

Americano terdiri dari satu shot espresso yang dituangkan dalam cangkir berukuran 178 mililiter yang dicampur dengan air panas hingga memenuhi gelas. Jenis minuman kopi ini nikmat disantap dalam keadaan panas maupun dingin. Americano sangat cocok untuk kalian yang tak tahan dengan rasa pahit kopi tapi tetap menginginkan cita rasa kopi.

3. Cappuccino


Cappuccino

Cappuccino pasti ada dalam buku menu tiap kali kalian pergi ke kedai kopi, atau bahkan kafe-kafe biasa. Cappuccino sendiri adalah olahan espresso yang paling banyak digemari, terutama bagi penikmat kopi dengan rasa lebih ringan.

Minuman ini terdiri dari espresso dan steamed milk dengan rasio 1:1. Namun, ada juga yang memakai perbandingan 1/3 espresso, 1/3 steamed milk, dan 1/3 susu foam. Biasanya disajikan dalam cangkir berkapasitas 88 mililiter hingga 177 mililiter.

4. Café latte


Café latte

Menu minuman yang khas dijumpai dalam sebuah cafe/coffee shop adalah latte. Ini adalah variasi minuman yang dasarnya mencampur susu bersama dengan kopi. Ketika diracik dua bahan ini akan menghasilkan kopi berwarna lebih cerah mendekati warna cream dan nampak buih diatasnya.

Perlu diingat, latte dan cappuccino adalah dua jenis racikan berbeda. Demikian dengan komposisi dan rasio bahannya. Latte biasanya menggunakan perbandingan espresso dan susu 2:1. Selain rasanya nikmat, latte biasanya disajikan dalam cangkir dengan motif indah di atasnya atau yang banyak disebut latte art.

5. Mochaccino


Mochaccino

Mochaccino merupakan perpaduan espresso, susu steamed, dan cokelat. Minuman ini juga sering disebut dengan moka, mocha, dan café mocha. Namanya diambil dari suatu kota bersejarah di Yaman, sekaligus pelabuhan tempat kopi pertama kali jadi komoditas dunia, yaitu Mocha.

Biji kopi ini memiliki rasa yang cenderung manis dan mendekati rasa coklat. Itulah sebabnya saat penyajiannya, barista sering menambahkan bubuk coklat atau sirup coklat untuk memperkuat rasa dari minuman kopi ini.

6. Macchiato


Macchiato

Sama seperti latte dan cappuccino, macchiato terdiri dari espresso dan susu. Macchiato dalam bahasa Italia berarti tanda atau bercak. Bercak yang dimaksud adalah buih susu yang menimpa espresso, atau sebaliknya, espresso yang menimpa susu.

Setidaknya ada dua tipe macchiato, yaitu latte macchiato jika lebih banyak susu ketimbang espresso-nya dan caffe macchiato jika susunya sedikit dan disajikan di cangkir kecil. Latte macchiato biasanya disajikan dingin sedangkan caffe macchiato biasanya disajikan panas dalam cangkir kecil.

7. Affogato


Affogato

Affogato berarti tenggelam dalam bahasa Italia. Kopi jenis ini biasanya disajikan dengan kondisi dingin. Hal ini karena dalam minuman kopi yang satu ini secangkir espresso kemudian ditambahkan satu sendok es krim yang pada umumnya rasa vanila.

Umumnya, es krim yang digunakan adalah es krim khas Italia, yaitu gelato. Jenis minuman kopi ini tercipta dari 2/5 esspresso yang dipadukan dengan 3/5 es krim. Jenis kopi ini menghadirkan sebuah kenikmatan paling pas dari perkawinan rasa manis es krim dan pahit sempurnanya espresso.

8. Cold Brew


Cold Brew

Satu lagi jenis minuman kopi yang diproses dengan cara unik adalah cold brew. Sebenarnya nama cold brew merujuk pada proses ekstraksinya, yaitu menggunakan air dingin. Minuman ini dibuat tanpa menggunakan air panas sama sekali.

Cara membuat cold brew tentu tidaklah sama seperti penyeduhan dengan air panas. Cold brew dibuat dengan merendam bubuk kopi pada sebuah wadah atau botol yang tertutup. Rendaman kopi tersebut lantas disimpan di lemari es kira-kira 8-20 jam sesuai dengan selera, semakin lama waktunya akan semakin pekat kopinya.

Intip juga artikel ini untuk mengintip beberapa tips minum kopi yang sehat dan juga nikmat. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai jenis kopi Indonesia yang memiliki cita rasa unik dan enggak kalah enak dari kopi mancanegara.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel