Tiongkok Klaim Berhasil Bawa Sampel Material Bulan ke Bumi
SerbaSerbi

Para ilmuwan berharap sampel tersebut akan membantu mereka mempelajari tentang asal-usul bulan, hingga pembentukan dan aktivitas vulkanik di permukaannya.

WowKeren - Tiongkok diketahui telah berhasil menggelontorkan biaya triliunan rupiah khusus untuk program penelitian luar angkasa yang dijalankan oleh militer. Negeri Tirai Bambu tersebut berharap memiliki stasiun luar angkasa berawak pada tahun 2022 dan berencana mengirim manusia ke bulan.

Administrasi Luar Angkasa Nasional Tiongkok mengatakan bahwa pesawat ruang angkasa Chang'e-5 telah melakukan pendaratan di bulan pada Selasa (1/12) lalu dan saat ini telah menyelesaikan misi mengumpulkan material batu dan debu bulan.

Pesawat luar angkasa tak berawak itu mengumpulkan sekitar dua kilogram material dari area yang belum pernah dijelajahi manusia, yang dikenal sebagai Oceanus Procellarum atau "Ocean of Storms", yakni sebuah dataran lava yang luas, menurut jurnal sains Nature.


Para ilmuwan berharap sampel tersebut akan membantu mereka mempelajari tentang asal-usul bulan, hingga pembentukan dan aktivitas vulkanik di permukaannya.

Pada awal pekan ini, media pemerintah setempat melaporkan jika misi ini berhasil maka Tiongkok menjadi negara ketiga yang mengambil sampel dari bulan, setelah Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet.

Pengambilan sampel material dari bulan ini merupakan upaya serupa pertama yang dilakukan setelah misi Luna 24 Uni Soviet pada tahun 1976 silam.

Pada Rabu malam (2/12), sampel material bulan dikemas dalam wadah khusus dan mendarat di wilayah Mongolia dalam, Tiongkok utara. "Penelitian ilmiah dilakukan sesuai rencana," kata badan antariksa itu, tanpa memberikan rincian.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait