Bertemu Pegiat Reforma Agraria, Jokowi Cari Solusi Sengketa Tanah
Nasional

Pertemuan ini menindaklanjuti pertemuan yang sebelumnya pada 23 November lalu. Jokowi ingin permasalahan-permasalahan terkait reformasi agraria bisa segera diselesaikan

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi membahas sengketa tanah bersama dengan pegiat reforma agraria di Istana Negara, Jakarta Pusat. Jokowi berharap bisa segera menemukan solusi agar masyarakat bisa benar-benar merasakan manfaat program reformasi agraria.

Adapun pertemuan ini menindaklanjuti pertemuan yang sebelumnya digelar pada 23 November lalu. Jokowi ingin permasalahan-permasalahan terkait reformasi agraria bisa segera diselesaikan untuk mempercepat pelaksanaan program.

"Ini agar betul-betul nanti bisa terealisasi," kata Jokowi melalui keterangan tertulis, Jumat (4/12). "Sehingga masalah-masalah yang berkaitan dengan reforma agraria bisa mengalami percepatan dan akselerasi dalam menyelesaikan (persoalan) yang belum-belum."


Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan jika dalam pertemuan itu selain membahas mengenai masalah-masalah apa saja yang harus segera diselesaikan, juga membahas target yang hendak dicapai. "Pertemuan ini yang pertama adalah mencari persoalan-persoalan yang menjadi prioritas dan yang kedua menggunakan timeline dengan target tertentu," ujar Moeldoko.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan A Djalil yang juga hadir dalam pertemuan tersebut mengatakan jika pihaknya akan segera melakukan identifikasi terkait semua yang dibicarakan dalam rapat. Sebagai langkah konkretnya adalah pihaknya akan menyusun prioritas kerja bagi persoalan yang bisa diselesaikan lebih dahulu.

"Kita akan identifikasi mana yang paling mudah kita selesaikan akan kita selesaikan sesegera mungkin," kata Sofyan. "Sehingga begitu selesai ini kita punya kepercayaan diri dan menjadi model untuk menyelesaikan hal lain."

Adapun jajaran menteri yang hadir dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, hingga Kapolri Jenderal Idham Azis. Sedangkan para pegiat yang hadir di antaranya Ketua Umum DPP Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Siti Fikriyah, Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria Dewi Kartika.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait