Ragukan Korut Nihil Corona, Adik Kim Jong Un Kecam Menlu Korsel
Dunia

Adik perempuan Pemimpin Tinggi Korea Utara Kim Jong Un mengecam Korea Selatan terkait kabar nihil kasus virus corona di Pyongyang. Menurutnya, kabar tersebut meragukan kondisi Korut yang 'bersih' dari COVID-19.

WowKeren - Adik perempuan Pemimpin Tinggi Korea Utara Kim Jong Un, Kim Yo Jong menyalahkan menteri luar negeri Korea Selatan Kang Kyung Hwa terkait kabar nihil kasus virus corona di Pyongyang. Pasalnya, selama ini, Korut kerap mengklaim jika negara bersih dari virus corona.

Kim yang juga penasihat utama pemimpin Korut mengutuk pernyataan Kang dengan menyebut komentarnya "kurang ajar" dan menuduhnya berusaha memperburuk hubungan antar-Korea yang sudah tegang. "Ini bisa dilihat dari pernyataan sembrono yang dibuatnya tanpa mempertimbangkan konsekuensi bahwa dia terlalu bersemangat untuk lebih mendinginkan hubungan beku antara Korea Utara dan Selatan," kata Kim dilansir AFP, Kamis (10/12). "Kami tidak akan pernah melupakan kata-katanya dan dia mungkin harus membayar mahal untuk itu."

Diketahui, Kim melontarkan komentar tersebut di tengah diskusi antara Korut dengan Wakil Menlu AS Stephen Biegun dan perwakilan Korsel yang sempat terhenti setelah KTT Hanoi 2019 antara Kim dan Presiden Donald Trump berakhir tanpa kesepakatan. Biegun diketahui melakukan kunjungan untuk memulai kembali pembicaraan denuklirisasi Korut.


Komentar Kim disampaikan menanggapi pernyataan Menlu Korsel Kang Kyung-wha dalam sebuah pertemuan di Bahrain pada Sabtu (5/12) yang menyebut 'sulit dipercaya' bahwa Korut tidak menemukan infeksi virus corona.

Kang juga menyebut jika Pyongyang tidak merespons tawaran Seoul untuk membantu menangani pandemi tersebut. "Semua tanda adalah bahwa rezim (Korut) sangat fokus pada pengendalian penyakit yang mereka katakan tidak mereka miliki," kata Kang di Bahrain akhir pekan lalu.

Seperti yang telah diketahui, sejak Januari 2020 lalu, Korut telah menutup perbatasan dengan China untuk menghindari penularan virus corona. Kim juga telah lama berkeras jika Korut tidak memiliki penularan kasus COVID-19.

Namun, kabar mengejutkan beredar baru-baru ini menyebutkan jika ribuan tentara Korut meninggal dunia karena COVID-19 di sejumlah kamp karantina setempat. Setidaknya ada 4.180 tentara Korut yang meninggal akibat virus corona di kamp karantina menurut sumber dilansir Daily NK.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait