Kaleidoskop 2020: Kim Heechul dan Momo TWICE Pacaran Hingga Dampak Pandemi COVID-19
Selebriti

Menjelang tutup tahun, kami tim redaksi WowKeren merangkum peristiwa menghebohkan yang terjadi di dunia hiburan Korea Selatan selama Januari hingga Juni 2020.

WowKeren - Tahun 2020 akan segera berakhir dalam hitungan hari. Menjelang tutup tahun, kami tim redaksi WowKeren merangkum peristiwa menghebohkan yang terjadi di dunia hiburan Korea Selatan selama Januari hingga Juni.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, 2020 dibuka oleh berita kencan yang cukup menghebohkan. Namun kejadian heboh tahun ini kebanyakan berkaitan dengan pandemi global COVID-19 yang berdampak pada industri hiburan Korea.

Tak perlu berlama-lama, yuk intip kejadian heboh apa saja yang mewarnai industri hiburan Korea selama paruh pertama 2020.

(wk/chus)

1. Januari: Kim Heechul dan Momo TWICE Pacaran


Januari: Kim Heechul dan Momo TWICE Pacaran

Tahun 2020 dibuka oleh berita kencan Kim Heechul Super Junior dan Momo TWICE. Namun berita kencan mereka tahun ini bukan diungkap oleh Dispatch melainkan Market News.

Outlet media tersebut melaporkan pada 2 Januari bahwa Kim Heechul Super Junior dan Momo tengah menjalin hubungan asmara. Ini adalah media sama yang membuat pemberitaan kedua idol itu menjalin hubungan pada Agustus 2019 silam.

Kim Heechul dan Momo diketahui sudah dekat sejak 2017 silam. Namun diakui Heechul bahwa keduanya mulai perbacaran tidak lama sebelum terungkap ke publik. Hingga kini, hubungan mereka masih berjalan.

Selain berita kencan Kim Heechul dan Momo, Januari juga diwarnai pertunangan Chen EXO di mana calon istrinya saat itu tengah hamil. Berita ini cukup mengejutkan publik dan membuat fandom EXO terbelah menjadi dua kubu.

2. Februari: Pernikahan Chen EXO


Februari:  Pernikahan Chen EXO

Chen EXO mengejutkan publik dengan berita pertunangannya melalui surat tulisan tangan yang dirilis pada 13 Januari. SM Entertainment mengkonfirmasi bahwa Chen berencana untuk menikah dan calon istrinya sedang hamil.

Pada Februari, Chen kembali menulis surat untuk penggemar menyusul pengumuman tentang pertunangan dan kehamilan calon istrinya bulan lalu. Idol besutan SM Entertainment itu meminta maaf karena telah melukai hati penggemarnya. Diduga kuat ia menulis surat sebelum pernikahannya yang dirahasiakan.

Dugaan semakin kuat ketika penggemar Indonesia bahkan mengadakan pesta untuk merayakan pernikahan Chen. Acara ini berskala besar dengan penggemar bahkan membuat standee Chen duduk di kursi dengan dandanan pengantin jawa lengkap dengan blangkon.

Dalam pernyataannya, SM menegaskan bahwa Chen tak akan keluar dari grup karena para member EXO yang lain telah menyetujui keputusannya. Namun untuk beberapa waktu ke depan, akan sulit bagi EXO untuk aktif sebagai grup. Saat ini Chen sedang menjalani dinas militer.

Februari juga diwarnai kejadian bersejarah untuk industri perfilman Korea di mana "Parasite" garapan Bong Joon Ho memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Picture. BTS (Bangtan Boys) juga comeback merilis album penuh mereka "Map of the Soul: 7" di bulan ini.

3. Maret: K-Pop Terdampak COVID-19


Maret: K-Pop Terdampak COVID-19

Pandemi COVID-19 sebenarnya telah mengguncang industri hiburan Korea sejak Februari. Banyak konser dibatalkan dan artis-artis K-Pop harus tampil di acara musik tanpa penonton. Di bulan Maret, COVID-19 mewabah di Korea dan semakin berdampak di industri hiburan.

Dilaporkan bahwa sekte yang dikenal sebagai Shincheonji berada di pusat penyebaran kasus COVID-19 (Corona) di wilayah Daegu yang kemudian meluas ke seluruh wilayah Korea Selatan. Spekulasi online merajalela tentang berbagai selebriti yang diduga menjadi bagian dari sekte tersebut.

Shincheonji adalah sebuah sekte fundamentalis Kristen di Korea yang telah dilaporkan bertanggung jawab atas penyebaran di Daegu. Laporan baru menyatakan bahwa 12 anggota eksekutif gereja menghadapi tuduhan pembunuhan atas kelalaian yang disengaja karena mengabaikan perintah isolasi yang dibuat oleh pemerintah dan pejabat kesehatan.

Lee Dong-wook disebut-sebut sebagai salah satu anggota Shincheonji, tapi langsung dibantah oleh agensi. Begitu juga dengan Ivy, Tei danGummy juga membantah rumor serupa.

Demikian Nam Gyu Ri dan agensinya juga merilis pernyataan yang menyangkal keterlibatan dengan Shincheonji. Agensi Song Ji Hyo, Creative Group ING membantah keterlibatan sang aktris. Kedua agensi memperingatkan tindakan hukum.

4. April: So Ji Sub dan Cho Eun Jung Menikah


April: So Ji Sub dan Cho Eun Jung Menikah

So Ji Sub mengejutkan publik dengan pernikahannya yang tiba-tiba. Aktor ganteng itu secara resmi mendaftarkan pernikahannya dengan mantan penyiar SBS Cho Eun Jung pada 7 April. Agensi menyampaikan kabar tersebut sementara ia sendiri menulis surat pribadi kepada penggemarnya.

So Ji Sub dan Cho Eun Jung yang terpaut 17 tahun telah berkencan selama 2 tahun terakhir. Menyusul berita pernikahan, perbedaan usia mereka yang cukup jauh cukup menyita perhatian publik.

Sayangnya, berita pernikahan So Ji Sub diwarnai rumor tak sedap. Cho Eun Jung diduga telah hamil. Sebagai respons, 51K selaku agensi merilis pernyataan, membantah tegas rumor bahwa mereka menikah karena kehamilan di luar nikah.

Selain pernikahan So Ji Sub dan Cho Eun Jung, April juga diwarnai rumor kencan antara Kihyun MONSTA X dan Bona Cosmic Girls. Menurut laporan eksklusif oleh outlet media Sports Chosun pada 21 April, mereka telah menjalin hubungan selama 5 tahun terakhir. Namun Starship Entertainment selaku agensi keduanya langsung membantah rumor kencan mereka.

5. Mei: Kontroversi Geng 97 Kunjungi Itaewon


Mei: Kontroversi Geng 97 Kunjungi Itaewon

Geng pertemanan idol K-Pop kelahiran 1997 menyedot perhatian publik di tengah pandemi COVID-19 yang mengguncang Korea Selatan. Dispatch melaporkan bahwa empat anggotanya terlihat bersama di restoran dan bar di kawasan Itaewon, mengabaikan jarak sosial yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Menurut laporan, Jungkook BTS (Bangtan Boys), Cha Eunwoo ASTRO, Jaehyun NCT dan Mingyu SEVENTEEN (II) mengunjungi Itaewon semalaman pada 25 April, di hari yang sama ketika Pusat Pengendalian Penyakit Korea (KCDC) mengeluarkan pernyataan menyerukan agar Korea berhati-hati dan menegaskan kembali pentingnya menjaga jarak sosial. Mereka diuji dan menerima hasil negatif tapi diduga tidak mengisolasi diri seperti yang dianjurkan oleh KCDC dan menuai kritik netizen.

Agensi keempat idol tersebut mengakui bahwa mereka memang bertemu dan mengakui kesalahan. Cha Eunwoo dan Jaehyun menulis surat permintaan maaf mereka. Jungkook meminta maaf secara langsung dalam siaran V Live Suga, sementara Mingyu meminta maaf di konferensi pers comeback SEVENTEEN.

Di bulan yang sama, Suga merilis mixtape keduanya "D-2" sebagai Agust D. Namun ia menuai kecaman karena menggunakan khotbah pemimpin aliran sesat Jim Jones sebagai pengantar untuk lagu "What Do You Think?". Big Hit Entertainment selaku agensi merilis pernyataan dan menghapus sample yang bermasalah dari lagu.

6. Juni: Baeksang Arts Awards 2020


Juni: Baeksang Arts Awards 2020

Baeksang Arts Awards 2020 tetap digelar pada 5 Juni meski Korea Selatan masih dalam status waspada COVID-19. Ajang penghargaan untuk insan pertelevisian dan perfilman ini digelar tanpa adanya penonton mengikuti aturan social distancing.

Untuk kategori televisi, "When the Camellia Blooms" yang dibintangi Gong Hyo Jin berhasil meraih penghargaan tertinggi yaitu Daesang. Di sisi lain, penghargaan sutradara terbaik diraih oleh Mo Wan Il yang mengarahkan serial "The World of the Married".

Penghargaan aktor terbaik diraih oleh Kang Ha Neul lewat drama "When the Camellia Blooms" yang berhasil mengungguli Nam Goong Min, Park Seo Joon, Joo Ji Hoon dan Hyun Bin. Piala aktris terbaik diraih oleh Kim Hee Ae lewat drama "The World of the Married".

Untuk film, "Parasite" membawa pulang penghargaan Daesang dan Film Terbaik. Sedangkan naskah terbaik diraih oleh "E.X.I.T" yang dibintangi Jo Jung Suk dan Yoona Girls' Generation.

Penghargaan Aktor Terbaik diraih oleh Lee Byung Hun lewat film "The Man Standing Next". Sedangkan Jeon Do Yeon membawa pulang penghargaan Aktris Terbaik lewat film "Happy Birthday".

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel