Jangan Gampang Menyerah, Ini 7 Trik Jitu yang Mudah Dilakukan Untuk Mengatasi Kesalahan Saat Memasak
Kuliner

Saat memasak, kita bisa melakukan berbagai kesalahan seperti membuat masakan gosong, keasinan hingga terlalu manis. Saat hal ini terjadi, sebaiknya jangan menyerah begitu saja sebab ada beberapa trik mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

WowKeren - Memasak sendiri di rumah memiliki banyak keuntungan, mulai dari lebih higienis hingga dapat menghemat keuangan. Namun bagi Anda yang sedang belajar memasak, berbagai kesalahan sangat mungkin terjadi. Contohnya seperti masakan yang gosong, terlalu asin, pedas dan masih banyak lagi. Bila sudah demikian, Anda mungkin akan merasa bingung dan kecewa karena tak bisa membuat hidangan yang lezat untuk orang-orang terdekat.

Jika Anda tengah mengalami situasi ini, sebaiknya jangan langsung patah semangat karena koki terkenal sekalipun pasti juga pernah melakukan kesalahan. Ini adalah sesuatu yang wajar terjadi, karena belajar memasak hidangan yang lezat tentunya membutuhkan proses yang tidak mudah.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan memberikan beberapa trik khusus yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki kesalahan saat memasak. Penasaran apa saja itu? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

(wk/eval)

1. Makanan yang Terlanjur Gosong


Makanan yang Terlanjur Gosong

Makanan gosong adalah salah satu masalah umum yang terjadi saat memasak. Masalah ini biasanya terjadi saat nyala api kompor terlalu besar atau Anda memasak sambil melakukan pekerjaan lain. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya jangan langsung panik karena Anda tetap dapat mengatasinya.

Caranya mudah kok, pertama-tama ambil mangkok atau baskom untuk meletakkan makanan yang gosong tersebut. Setelah itu rendam baskom tersebut ke wadah yang lebih besar yang berisi es batu. Diamkan selama beberapa menit karena cara ini dapat menghentikan proses pemasakan dengan cepat. Hasilnya, bagian dalam masakan tidak akan ikut gosong meski bagian luarnya sudah hangus.

2. Cokelat yang Menggumpal


Cokelat yang Menggumpal

Salah satu langkah dalam pembuatan beberapa jenis kue adalah melelehkan cokelat batangan. Namun tidak sedikit orang yang tak sengaja melakukan kesalahan hingga membuat cokelat tersebut menggumpal. Jika tak segera diatasi, kondisi cokelat ini akan berpengaruh pada kualitas kue yang dihasilkan nantinya.

Tapi tenang, karena semuanya belum terlambat dan Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan margarin leleh ke dalam cokelat tersebut sambil diaduk. Namun jika tak sempat melelehkan margarin, Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan satu sendok air panas. Untuk mencegah kejadian serupa terulang, sebaiknya panaskan cokelat batangan dengan suhu rendah atau gunakan microwave saja.

3. Makanan Keasinan


Makanan Keasinan

Seperti halnya masakan gosong, makanan keasinan juga sering terjadi ketika sedang memasak, terutama mereka yang masih belajar. Saat ini terjadi, jangan langsung menyerah begitu saja karena ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Jika makanan yang terlalu asin berupa sup atau hidangan berkuah, Anda tinggal menambahkan air lalu cicipi lagi sampai terasa pas. Sedangkan untuk tumisan, sebaiknya tambahkan rasa asam dengan air perasan lemon atau cuka untuk menutupi rasa asinnya. Selain itu, Anda juga dapat menetralkan rasa asin dengan menambahkan sedikit gula pada hidangan tersebut.

4. Pasta Saling Menempel


Pasta Saling Menempel

Pasta merupakan salah satu hidangan yang bisa dimasak dengan cepat dan mudah. Meski cara memasaknya tidak terlalu sulit, beberapa orang rentan melakukan kesalahan seperti pasta yang saling menempel dan terlalu lembek karena didiamkan terlalu lama.

Ketika Anda mengalami situasi ini, sebaiknya segera letakkan pasta di wadah tertutup dan lumuri dengan minyak zaitun. Goyangkan wadah tersebut hingga beberapa kali agar pasta yang menempel bisa terpisah. Sedangkan untuk pasta yang terlalu lembek, sebaiknya segera angkat dari panci dan tiriskan sambil disiram air dingin.

5. Sayuran Menjadi Layu


Sayuran Menjadi Layu

Beberapa sayuran terasa enak ketika disantap mentah-mentah sebagai lalapan. Namun salah satu cara untuk menikmati sayuran agar lebih nikmat dengan dimasak terlebih dulu. Sayangnya sebagian orang tidak memasak sayur dengan benar hingga membuatnya layu dan lembek. Akibatnya, sayuran tersebut akan kehilangan nutrisi dan vitamin yang dimilikinya. Rasanya pun jadi kurang segar dan nikmat.

Untuk mencegahnya terjadi, sebaiknya siangi bagian batang sayuran dan rendam di dalam air dingin terlebih dahulu sebelum dimasak. Setelah itu keringkan dan olah sayuran seperti biasa. Jangan masak terlalu lama dan tiriskan sayur ketika sudah berubah warna. Dengan begitu, sayuran yang Anda masak akan tetap renyah, bergizi dan menghasilkan warna yang cantik.

6. Masakan Terlalu Pedas


Masakan Terlalu Pedas

Bagi sebagian orang, makanan pedas terasa sangat nikmat dan bisa menambah selera makan. Namun bagi yang lain, makanan pedas justru membuat tak berselera. Jika saat memasak Anda tak sengaja membuat hidangan menjadi terlalu pedas, sebaiknya jangan terburu-buru menyingkirkannya sebab Anda bisa memperbaiki cita rasanya.

Caranya mudah, pertama-tama tambahkan produk susu seperti krim atau butter ke dalam masakan yang terlalu pedas untuk menetralkan rasa pedasnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan gula, perasan lemon maupun cuka untuk menyeimbangkan rasa yang terlalu pedas pada makanan.

7. Masakan Kelewat Manis


Masakan Kelewat Manis

Beberapa orang kerap menambahkan terlalu banyak gula hingga membuat makanan terasa manis. Jika ini terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan garam ke dalam masakan untuk menyeimbangkan rasanya. Selain garam, Anda juga bisa menambahkan sedikit rasa asam dari perasan lemon atau cuka untuk mengurangi rasa manis pada masakan tersebut.

Demikian tujuh trik mengatasi kesalahan saat memasak yang telah tim WowKeren rangkum. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai kesalahan saat memasak yang sering disepelekan. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips memasak ikan patin agar tidak mudah hancur.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel