Bikin Formulanya Sia-sia, Ini 7 Kesalahan Dalam Pakai Sheet Mask Yang Harus Kalian Hindari
Lifestyle

Meski penggunaannya mudah, nyatanya banyak orang yang salah mengaplikasikan jenis masker satu ini. Alih-alih memberikan manfaat untuk kulit, kesalahan ini justru membuat formula dalam masker sia-sia. Apa saja?

WowKeren - Menggunakan masker menjadi kegiatan yang tak bisa dipisahkan dalam rangkaian proses perawatan wajah. Saat ini ada banyak sekali jenis masker yang beredar mulai dari peel off mask, clay mask hingga sheet mask. Tak seperti masker lainnya, sheet mas berbentuk lembaran dan tinggal diaplikasikan di wajah.

Sheet mask biasanya berbentuk lembaran yang terbuat dari serat alami, seperti katun. Lembaran masker ini biasanya diperkaya dengan serum sebagai bahan utamanya. Kandungan sheet mask adalah konsentrasi zat aktif yang lebih tinggi dibandingkan krim wajah topikal (oles).


Sebagian besar kandungan sheet mask adalah asam amino serta vitamin dan mineral tertentu yang menawarkan berbagai manfaat baik bagi kulit wajah. Tergantung pada bahannya, masker lembaran ini dapat membantu bahan-bahan aktif di dalamnya meresap ke dalam kulit.

Namun meski penggunaannya mudah, nyatanya banyak orang yang salah mengaplikasikan jenis masker satu ini. Alih-alih memberikan manfaat untuk kulit, kesalahan ini justru membuat formula dalam masker sia-sia. Apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 jenis kesalahannya. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Tidak Membersihkan Wajah Dulu


Tidak Membersihkan Wajah Dulu

Terkesan sepele, namun membersihkan wajah menjadi salah satu kunci ampuh tidaknya sebuah sheet mask. Kulit kalian harus dalam keadaan bersih sebelum pakai sheet mask. Hal ini karena kotoran dan debu justru bisa menghalangi penyerapan kandungannya ke dalam pori-pori. Selain itu, sisa make up juga harus benar-benar bersi.

Jika tidak, bukannya jadi ternutrisi, sisa make up yang ditinggalkan dan mengendap justru bisa bikin wajah berjerawat. Sangat disarakan buat menggunakan sheet mask sebelum pergi tidur, karena ketika tidur kulitmu akan mengalami regenerasi. Namun jangan sampai memakai sheet mask sampai semalaman ya.

2. Menggunakan Pelembab


Menggunakan Pelembab

Banyak orang yang memiliki kebiasaan menggunakan pelembab sehabis mencuci wajah. Namun jika kalian berencana memakai sheet mask, lebih baik hindari penggunaan pelembab untuk sementara. Konsistensi essence yang terkandung di dalam sheet mask biasanya cukup cair, sedangkan konsistensi pelembap biasanya lebih tebal dan kental.

Dengan kata lain, menggunakan pelembap sebelum memakai sheet mask akan membuat essence tidak dapat terserap maksimal ke dalam kulit, karena sebelumnya kulit telah dilapisi dengan pelembap yang tebal. Jika ingin menggunakan pelembap, sebaiknya setelah pemakaian sheet mask ya girls, ini berfungsi untuk mengunci kelembapan di kulit.

3. Pakai Masker Selama Mungkin


Pakai Masker Selama Mungkin

Inilah kebiasaan yang sangat sering dilakukan banyak orang. Sebagian pengguna sheet mask p unya pikiran bahwa semakin lama sheet mask didiamkan, akan semakin maksimal khasiatnya. Ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar dan justru akan membuat kulit kalian memburuk loh.

Masker yang didiamkan terlalu lama, bahkan hingga mengering, akan membuat proses osmosis berbalik. Akibatnya, lembaran masker yang akan menyerap cairan dari wajah kalian. Jadi pastikan untuk melepas masker saat kondisi masker masih lembap dan jangan sampai kalian ketiduran saat menggunakannya.

4. Menempelkan Dengan Teknik Yang Salah


Menempelkan Dengan Teknik Yang Salah

Kesalahan yang banyak dilakukan dalam memakai sheet mask adalah menempelkannya dari atas ke bawah. Padahal kalau menempelkan dari bawah ke atas, bisa turut menarik otot-otot di wajahmu. Saat menggunakan sheet mask pun sirkulasi darah akan mengalirkannya ke atas.

Selain itu karena sifat sheet mask yang lembut banget dan seperti lembaran, terkadang saat memakainya sedikit keluar jalur. Kalau kalian terkesan mengabaikannya, maka jangan harap untuk mendapatkan manfaat dan khasiatnya

5. Cuci Muka Setelah Menggunakan Masker


Cuci Muka Setelah Menggunakan Masker

Manfaat sheet mask ternyata tak cuma saat sedang dipakai saja. Dengan menepuk-nepuk kulit yang masih basah karena essence, kalian bisa mendapatkan manfaatnya. Selain itu, jangan langsung mencuci wajah hanya karena risih dengan formulanya yang agak lengket.

Dengan langsung membasuh wajah, penggunaan sheet mask jadi sia-sia. Jadi mulai sekarang, biasakan untuk menepuk-nepuk kulit wajah sehabis penggunaan sheet mask agar essence yang penting bisa meresap dengan baik.

6. Melewatkan Skincare Lainnya


Melewatkan Skincare Lainnya

Hanya karena sudah memakai sheet mask yang memiliki banyak essence, bukan berarti kamu pun skip perawatan skin care yang telah menjadi rutinitasmu setiap malam. Sehabis menggunakan sheet mask, kamu tetap harus mengaplikasikan pelembap untuk mencegah kekeringan pada kulit wajah.

Dilanjutkan dengan skin care favoritmu, penggunaan sheet mask akan lebih maksimal. Selain itu, jangan pernah lupa untuk pakai sunscreen setelahnya. Apalagi jika kalian menggunakan sheet mask pada pagi hari sebelum beraktivitas.

7. Menyimpan Sisa Essence Masker Asal-asalan


Menyimpan Sisa Essence Masker Asal-asalan

Beberapa orang pasti sering menemukan essence yang ada dalam sheet mask jumlahnya cukup banyak. Beberapa kemasan sheet mask memang memberikan essence dalam jumlah yang cukup banyak. Sebagai pengguna sheet mask, kalian mungkin kamu pernah menyimpan sisa essence tersebut untuk dipakai lain waktu.

Tidak salah menyimpan sisa essense tersebut, tapi dengan catatan penyimpanannya harus baik. Jangan biarkan sisa essence terbuka dimeja rias atau pouch makeup karena essence yang segelnya terbuka akan mengurangi efektivitas dan higenitasnya. Kalian bisa menyimpan sisa essence di dalam botol bekas yang rapat dan bersih, seperti botol bekas serum atau toner.

Simak juga artikel ini untuk mengetahui kesalahan yang sering dilakukan dalam mencuci wajah. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai kebiasaan sepele yang bisa diterapkan untuk mencerahkan kulit wajah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru