Pertama di Indonesia, NOAH Bakal Gelar Konser Virtual Dengan Teknologi Unreal Engine
Instagram/noah_site
Musik

Grup musik NOAH bakal menggelar konser virtual yang pertama kali menggunakan teknologi unreal engine di Indonesia. Konser itu akan berlangsung pada Sabtu (9/1) pukul 20:00 WIB.

WowKeren - Menggandeng sutradara Upie Guava sebagai penata pertunjukan, NOAH akan menggelar konser virtual bertajuk NOAH BeyondMO 2021. Menurut Upie Guava, konser virtual NOAH kali ini akan memberikan pengalaman menonton yang terbilang baru. Selain menyuguhkan konser, dia bersama dengan NOAH juga akan menyajikan pengalaman seperti menonton film.

"Ini pertama kalinya kita mengadaptasikan teknologi ini dalam sebuah konser dan NOAH adalah band yang tepat. Aspek teknologinya in line secara inovasi. Jadi konser tapi rasa video klip, ada cinematic experience di konser itu," kata Upie Guava dalam konferensi pers virtual, Rabu (6/1) dilansir dari Detik.com.

"Ada tiga hingga empat layer, ada background, ada foreground juga. Harusnya lebih dari tiga dimensi kalau nonton itu. Mungkin unreal itu sudah dipakai sama produksi film di luar, tinggal kami cobain buat musiknya," tambah vokalis NOAH, Ariel.

Band beranggotakan Ariel, Lukman dan David NOAH itu mengharapkan konsep baru yang mereka tawarkan dapat menjadi alternatif hiburan di tengah adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan konser langsung tidak dapat dilaksanakan.


"Mudah-mudahan apa yang kami coba bikin bisa menular semangatnya, karena kami memaksakan semangat biar bisa survive, karena pandeminya belum kelar. Yang biasanya berinteraksi, kami cari alternatifnya. Mudah-mudahan itu yang bisa menular ke musisi lainnya," tutur Ariel.

Selain itu, Upie Guava juga berharap konser ini dapat menjadi pembuka jalan untuk musisi dan sineas lainnya bekerja sama untuk membuat konsep serupa. "Bisa dibilang konser ini sejarah juga. Semua yang dilakukan pertama kali pasti tercatat di sejarah sebagai pembuka jalan yang lainnya. Saya yakin di masa depan ini akan jadi standard lah. Menonton konser ini adalah hal wajib karena ini adalah pertama kali," ungkap Upie.

Dalam konsernya nanti, NOAH akan membawakan kurang lebih lima lagu yang terdiri dari lagu baru dan satu lagu lama. "Ada lagu baru, tapi ada lagu lama yang diaransemen ulang untuk menguatkan konsep unreal engine-nya," ucap Ariel.

Unreal engine merupakan teknologi yang mulanya dikembangkan untuk membuat dunia virtual dalam video game. Akan tetapi, pada perkembangannya, teknologi itu juga digunakan dalam pembuatan film fiksi ilmiah (sci-fi) sebagai alternatif dari green screen. Salah satu serial yang pembuatannya menggunakan unreal engine adalah "Star Wars: The Mandalorians".

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait