Ari Lasso dan Raffi Ahmad Ditegur BEI Lantaran Terima Endorse Soal Investasi Saham?
Instagram
Selebriti

Raffi Ahmad dan Ari Lasso sempat menyampaikan pengalamannya berinvestasi di sebuah perusahaan IT lewat akun Instagram-nya. Lantas bagaimana tanggapan BEI soal postingan mereka?

WowKeren - Senin (4/1) lalu, Raffi Ahmad lewat InstaStory dan feed Instagram pribadinya membagikan cerita tentang pengalamannya menabung saham. Dalam video tersebut, Raffi mengungkapkan tabungannya sudah bertambah 20-30% hanya dalam kurun waktu beberapa minggu saja.

Harga saham PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) diketahui langsung naik setelah dipromosikan oleh Raffi Ahmad. Tak hanya Raffi, penyanyi ulung Ari Lasso juga ikut mempromosikan perusahaan tersebut. Sontak MCAS langsung hangat dibicarakan publik.

"Ini pertama kalinya gue menginvestasikan tabungan gue ke perusahaan MCAS," kata Raffi pada unggahan hari Senin (4/1) lalu. "Uang yang gue investasikan ini selama 2-3 minggu udah jadi 20% menuju 30%. Gila sih gokiiil."

Ramai diperbicangkan, beberapa pihak menduga Raffi dan Ari telah di-endorse oleh perusahaan tersebut. Bahkan Bursa Efek Indonesia (BEI) langsung sigap meminta keterangan keduanya.

Melansir laman Kompas.com, BEI menyebut dugaan endorse bisa berujung pada aksi perdagangan orang dalam. Ia juga mengingatkan Raffi terkait tanggung jawab moral terhadap para followers-nya.


"Kami juga mengingatkan potensi tuntutan hukum dari para follower apabila ada yang merasa dikecewakan," kata Laksono Widodo selaku Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI. "Yang dikhawatirkan, ajakan membeli saham oleh influencer bisa mengarah pada terjadinya aksi perdagangan orang dalam atau yang lebih dikenal dengan insider trading."

Menurut Laksono, praktik insider trading tidak sehat dan merugikan para investor. Bahkan menurutnya, tindakan tersebut termasuk melanggar UU Pasar Modal.

Selain meminta keterangan Raffi, BEI juga akan menghubungi emiten yang sahamnya disebut oleh Sultan Andara tersebut. Rencananya BEI akan melakukan pemanggilan terhadap Raffi Ahmad, Ari Lasso dan emiten terkait.

"Kami telah mengirimkan permintaan penjelasan kepada emiten terkait," pungkas Laksono. Raffi sendiri sudah melakukan klarifikasi via feed Instagram pribadinya, @raffinagita1717 bahwa yang ia katakan sebelumnya adalah real pengalaman dirinya bermain saham dan bukan endorse.

Hal serupa juga dilakukan oleh Ari Lasso. Ia mengungkapkan bahwa dirinya tidak bertindak sebagai seorang influencer yang mempromosikan perusahaan MCAS. Ari menjelaskan bahwa unggahannya kala itu benar-benar pengalaman yang ia alami.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru