Tak Perlu Risau, Lakukan 8 Trik Ini Agar Kamar Tanpa Jendela Tetap Terang dan Tidak Pengap
https://blog.modsy.com/
SerbaSerbi

Kamar tanpa jendela pada umumnya akan memunculkan kesan lembap dan suram karena minimnya pencahayaan. Kamu perlu cara untuk membuat kamar tetap nyaman dengan udara segar.

WowKeren - Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan saat berbicara mengenai dekorasi rumah adalah ventilasi udara. Ventilasi udara sangat penting untuk membuat sirkulasi udara di dalam ruangan tetap lancar. Hal ini guna mendukung udara di dalam ruangan tetap bersih dan sehat.

Namun, ada kalanya kamar tidak memiliki jendela. Beberapa faktor mungkin bisa menjadi penyebabnya, salah satunya adalah terbatasnya ruang. Hal ini biasanya terjadi pada kamar indekos atau apartemen kecil.

Kamar tanpa jendela pada umumnya akan memunculkan kesan lembap dan suram karena minimnya pencahayaan. Jika sudah begini, kamu perlu memutar otak untuk bisa membuat kamarmu tetap nyaman dengan udara yang bersih. Tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba 8 trik sederhana ini untuk mengatasinya.

(wk/zodi)

1. Membuat Lubang Ventilasi


Membuat Lubang Ventilasi

Hal penting pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat ventilasi buatan. Buatlah lubang kecil di salah satu titik kamar untuk memungkinkan terjadinya sirkulasi udara.

Selain itu, fungsi lain dari lubang ventilasi buatan ini adalah untuk membuat kamarmu mendapat pencahayaan yang cukup saat siang hari. Kamu bisa menutup lubang ini dengan jaring tipis agar saat malam hari tidak ada nyamuk yang masuk ke kamarmu.

2. Pasang Lampu Hias di Beberapa Sudut Kamar


Pasang Lampu Hias di Beberapa Sudut Kamar
Unsplash/David van Dijk

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan memasang lampu hias kecil di beberapa sudut kamar. Adanya lampu kamar akan menghadirkan kesan pencahayaan yang lebih merata.

Sehingga selain membuat kamarmu terlihat menarik juga bisa menghadirkan kesan nyaman. Lampu ini bisa kamu pasang di pinggiran cermin, rak, dan langit-langit. Lampu yang disebar merata di satu titik bisa juga menjadi focal point bagi kamar tanpa jendela.

3. Pilih Warna yang Cerah untuk Dekorasi


Pilih Warna yang Cerah untuk Dekorasi
Unsplash/Stephanie Harvey

Karena kamar tanpa jendela akan mengurangi pencahayaan, maka jangan heran jika kamarmu akan terkesan suram. Untuk menghilangkan kesan ini, sebaiknya kamu memilih dekorasi warna yang cerah. Bukan tanpa alasan, warna cerah akan membuat kamarmu tampak lebih terang dan luas.

Tak hanya untuk cat tembok, tetapi juga seprai yang kamu gunakan. Selain itu, penggunaan seprai dengan warna cerah terutama putih juga akan membuatmu tidur semakin nyaman.

4. Cermin Bisa Bikin Kamar Terkesan Lebih Cerah


Cermin Bisa Bikin Kamar Terkesan Lebih Cerah
Unsplash/Jannis Lucas

Siapa sangka jika keberadaan cermin bisa mengurangi kesan suram pada kamarmu. Seperti sudah kita ketahui bersama, fungsi cermin adalah untuk memantulkan cahaya. Sehingga jika kamu memasang cermin maka cahaya yang ada di kamar akan dipantulkan.

Alhasil, kamarmu akan terlihat lebih cerah sebab pantulan dari cermin akan membuat seolah-olah kamarmu mendapatkan cahaya yang alami. Pasang cermin berukuran besar di pojok ruangan untuk membuat kamarmu terkesan lebih luas.

5. Jangan Lupa Tanaman Hias


Jangan Lupa Tanaman Hias
Unsplash/Andre Gorham II

Karena minimnya sirkulasi udara, maka kamu perlu udara segar untuk mengisi kamarmu. Kamu bisa mengandalkan tanaman hias sederhana untuk ditempatkan di dalam kamar. Selain itu, keberadaan tanaman hias ini akan mengurangi kesan suram dalam kamarmu karena minimnya pencahayaan.

Meski demikian, kamu tidak harus menggunakan tanaman asli untuk poin ini, ya. Jika memang tidak memungkinkan kamu bisa menggunakan tanaman hias buatan. Jika kamu menggunakan tanaman asli, pastikan kamarmu memiliki lubang ventilasi buatan untuk memungkinkannya melakukan fotosintesis.

6. Gunakan Exhausted Fan


Gunakan Exhausted Fan
Shutterstock

Kipas angin biasa saja tidak cukup. Kamu perlu yang namanya exhausted fan. Keberadaan kipas ini akan mengurangi udara pengap di kamarmu. Berbeda dari kipas biasa, exhausted fan dibuat untuk melancarkan sirkulasi udara dalam ruangan.

Kipas angin ini akan bekerja dengan menyedot udara kotor di dalam ruanganmu. Udara kotor akan membuat kamarmu menjadi bau. Sehingga dengan adanya kipas ini maka udara di kamar akan terasa lebih segar.

7. Hindari Memasang Perabot Berukuran Besar


Hindari Memasang Perabot Berukuran Besar
Unsplash/Michael Browning

Pemasangan perabot berukuran besar hanya akan membuat kamarmu terkesan lebih sempit. Ditambah dengan tidak adanya pencahayaan dari luar, pemasangan perabot dengan ukuran besar hanya akan mengurangi rasa nyamanmu saat berada di dalam kamar.

Selain memilih perabot berukuran kecil hingga sedang, pastikan untuk tidak "menimbun" terlalu banyak perabot di kamarmu. Hal ini untuk menjaga agar kamarmu tetap terkesan lapang.

8. Sering-Sering Membuka Pintu


Sering-Sering Membuka Pintu
Unsplash/Behnam Norouzi

Last but not least. Poin yang ini juga tak kalah penting. Untuk memperbanyak peluang sirkulasi udara dalam kamarmu, sering-seringlah membuka pintu kamar. Jika kamu sibuk bekerja di luar, maka sempatkanlah diri untuk membuka pintu kamar saat akan berangkat kerja.

Jika memungkinkan, lakukan hal yang sama saat kamu pulang kerja di sore atau malam hari. Namun untuk yang ini kamu harus memastikan tidak ada nyamuk yang masuk, ya. Saat akhir pekan, akan lebih baik jika kamu membuka pintu lebih lama sambil melakukan bersih-bersih.

Selain cara-cara di atas, kamu juga bisa memasang atap kaca untuk menghilangkan kesan suram di kamarmu. Namun untuk cara ini tidak disarankan. Sebab, kaca tidak membatasi sinar UV dan panas matahari, sehingga kamu harus berkutat dengan suhu yang tinggi saat siang hari.

You can share this post!

Related Posts