Junaedi Salat Aktor ‘Ali Topan Anak Jalanan’ Meninggal, Ini Karya Prestius Semasa Hidup
Facebook/Domines Rechtgeloof Latui
Selebriti

Kabar duka kembali menghampiri dunia hiburan Tanah Air. Aktor ‘Ali Topan Anak Jalanan’, Junaedi Salat meninggal dunia pada Senin (18/1). Intip karya dan prestasi semasa hidupnya.

WowKeren - Dunia hiburan Tanah Air kembali dilanda duka. Aktor senior Junaedi Salat dikabarkan meninggal dunia pada Senin (18/1). Aktor yang terkenal atas perannya di dalam film “Ali Topan Anak Jalanan” itu tutup usia di RS PGI Cikini, Jakarta.

Kabar duka ini pertama disampaikan oleh Pendeta Kerohanian RS PGI Cikini lewat pesan singkat. Dalam pesan itu, ia menyampaikan Junaedi telah meninggal dunia pada Senin (18/1) malam.

Telah dipanggil kembali ke rumah Bapa sorgawi: Bpk. Djunaedi Salad hari ini, Senin, 18 Jan.2021, pukul 20.09, di RS PGI Cikini,” tulis pesan itu seperti dilansir dari Insert, Senin (18/1). “Kita berduka, kiranya Tuhan Yesus beri kekuatan dan penghiburan kpd keluarga besar yg ditinggalkan," tulis pesan tersebut.”

Kendati demikian, masih belum diketahui penyebab kematian dari aktor sekaligus pencipta lagu itu. Junaedi sendiri merupakan pria kelahiran Lampung tahun 1950.

Junaedi mengawali kariernya sebagai seorang aktor saat bekerja di Taman Ismail Marzuki. Kala itu, ia bekerja sebagai pengurus gedung sambil bersekolah.


Saat bekerja sambil bersekolah itu, Junaedi mendapatkan tawaran pertama untuk menjadi aktor. Mengagumkan, ia langsung mendapat peran utama di film “Aku Tak Berdosa” yang langsung melejit di tahun 1972. Dalam film itu, ia berpasangan dengan aktris Dewi Puspa.

Junaedi kemudian mendapatkan peran lagi pada tahun 1974 di film “Susana”. Dalam film ini, ia beradu akting dengan aktris Yenny Rahman, untuk membintangi film kedua, berjudul Susana.

Karier Junaedi mencapai puncaknya setelah ia membintangi “Ali Topan Anak Jalanan” pada tahun 1977 bersama Yati Octavia. Film itu sangat popular dan mendulang kesuksesaan besar.

Selain menjadi aktor, Junaedi juga memiliki bakat besar dalam dunia musik. Ini terbukti saat ia ikut menulis lirik lagu “Sabda Alam” bersama almarhum Yockie Suryoprayogo.

Lagu ini kemudian dibawakan oleh almarhum Chrisye yang sampai saat ini masih terus dikenang. Bahkan, Disney telah menggunakan lagu tersebut untuk mempromosikan layanan streaming mereka di Indonesia.

Junaedi semasa hidup telah mengeluarkan sejumlah album musik dan belasan film. Ia juga memutuskan menghabiskan sisa waktunya menjadi seorang pendeta setelah meninggalkan dunia hiburan.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru