12 Garda Nasional AS Dicopot Jelang Pelantikan Joe Biden, Ada Apa?
Reuters/Mike Blake
Dunia

Pejabat Departemen Pertahanan Amerika Serikat melaporkan pencopotan 12 anggota Garda Nasional jelang pelantikan Presiden Terpilih AS Joe Biden. Hal ini disampaikan oleh Kepala Biro Garda Nasional Daniel R. Hokanson.

WowKeren - Dua belas anggota Garda Nasional telah dicopot dari tugas-tugas terkait pelantikan Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Selasa (19/1). Pejabat Departemen Pertahanan menyebutkan pencopotan dua di antara anggota Garda Nasional tersebut karena mengekspresikan sentimen anti-pemerintah.

Dikutip dari The New York Times, Rabu (20/1), keduanya memposting dan membuat komentar mengancam terhadap pejabat politik, kata pejabat Pentagon. "Saya akan berbagi bahwa mereka tidak pantas," Jenderal Daniel R. Hokanson, kepala Biro Garda Nasional kepada wartawan.

Kemudian ada salah satu anggota lain yang dicopot lantaran menyatakan dukungannya terhadap Donald Trump dan membuat komentar ancaman. Jenderal Hokanson mengatakan bahwa satu kasus dilaporkan oleh rantai komando anggota dinas dan yang lainnya ditandai melalui tip ke hotline.


Sepuluh anggota Garda Nasional lainnya telah dikeluarkan karena berbagai macam masalah - investigasi kriminal, kekerasan dalam rumah tangga, atau pengaduan yang luar biasa. Semua 12 anggota telah dipulangkan, kata pejabat Pentagon.

Pencopotan ini dilakukan karena pihak berwenang tidak mengambil risiko satu hari sebelum pelantikan dan karena para penyelidik telah menyatakan keprihatinan bahwa beberapa ekstremis mungkin mencoba menyamar sebagai anggota Garda Nasional dengan mengenakan seragam militer. “Saat ini kami tidak punya waktu untuk menghabiskan setiap informasi,” katanya.

Sebelumnya, semua personel militer, termasuk yang berada di Garda Nasional telah menjalani penyelidikan latar belakang dan pemeriksaan fisik yang ekstensif, termasuk penilaian tato. Mereka terus dipantau untuk indikasi bahwa mereka terlibat dalam aktivitas ekstremis dan menerima pelatihan untuk mengidentifikasi orang lain di sekitar mereka yang bisa menjadi "ancaman orang dalam".

Pejabat Pentagon dan Garda Nasional mengatakan pada hari Selasa bahwa prosedur pemeriksaan yang ada cukup untuk mengidentifikasi dan menyingkirkan pelanggar. “Saya tidak melihat adanya perubahan kebijakan saat ini,” kata Jenderal Hokanson.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait