Epik High Bahas Perkembangan Hip Hop Serta Musik yang Diusung BTS dan BLACKPINK
Musik

Epik High sebagian besar bertanggung jawab untuk memperkenalkan rap dan hip-hop ke arus utama musik pop Korea. Saat ditanya tentang K-Pop era ini, Tablo menyebut asal-usul BTS sebagai artis hip-hop.

WowKeren - Ketika Epik High yang beranggotakan Tablo, Mithra Jin, dan DJ Tukutz memulai debutnya pada tahun 2003, K-Pop tidak memiliki pengaruh hip-hop seperti saat ini. Kini, taste hip hop dapat didengar di lagu-lagu BTS (Bangtan Boys), BLACKPINK (Black Pink), dan banyak lagi.

Hal tersebut seolah tertuang dalam lirik dari single baru mereka, "Rosario" yang berbunyi, "Aku membuka jalan bagi semua orang yang berada di jalan.” Tablo berkata kepada MTV News, “Kami adalah anomali ketika kami mulai. Seiring berjalannya waktu dan orang lain mulai bereksperimen dengan suara yang berbeda dalam hip-hop, kami menjadi lebih diterima.”

Epik High sebagian besar bertanggung jawab untuk memperkenalkan rap dan hip-hop ke arus utama musik pop Korea. Saat ditanya tentang K-Pop era ini, Tablo menyebut asal-usul BTS sebagai artis hip-hop.

"Aku pikir rap dan hip-hop adalah genre paling populer di Korea saat ini. BTS juga merupakan grup hip-hop. Anggota grup dimulai sebagai artis hip-hop, dan bahkan ketika mereka telah berkembang ke genre lain, cara mereka mendekati lirik tidak pernah meninggalkan akar hip-hop mereka, dan aku pikir itulah mengapa mereka sangat populer," kata Tablo.


Suami aktris Kang Hye Jung itu juga berbicara tentang BLACKPINK dan senior satu agensi Jennie dan kawan-kawan, BIG BANG. Kedua grup YG Entertainment memiliki lagu-lagu hip-hop yang bertenaga.

"Grup besar seperti BLACKPINK dan BIGBANG selalu berbasis hip-hop. Sekarang hip hop sudah begitu besar sehingga ada begitu banyak penyanyi rap dan artis hip-hop yang bahkan tidak Tablo kenal. Ini sangat menyemangati," ujar Tablo.

Selain hip-hop, Tablo menjelaskan mengapa dia merasa sangat penting bagi orang-orang untuk mendukung musik Korea dan budaya Asia secara umum.

"Aku percaya bahwa jika setiap orang yang merupakan penggemar musik Korea dalam satu bentuk atau lainnya dapat berbagi pengalaman ini dan tidak hanya berada di belakang musik Korea tetapi juga musik, seni, film, dan budaya Asia secara umum, ini dapat menjadi lebih baik," ucapnya.

Ia melanjutkan, "Kami mengalami momen, tetapi aku ingin momen itu menjadi sebuah gerakan. Aku benar-benar ingin anak berusia 12 tahun dengan gitar dan suara unik di suatu tempat di Asia merasa bahwa jalan menuju impian mereka tidak jauh dari anak lain yang tinggal di Tennessee. Aku tidak ingin siapa pun dari ras apa pun berpikir bahwa jalan mereka menuju impian mereka semakin jauh."

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts