Muncul Klaster RS di Taiwan, Ribuan Orang Terancam Dikarantina
Dunia
Pandemi Virus Corona

Pemerintah Taiwan memutuskan untuk mengkarantina lebih dari 5 ribu orang usai ditemukannya kasus positif virus corona (COVID-19) pada sebuah rumah sakit di Formosa.

WowKeren - Pemerintah Taiwan akan menempatkan lebih dari 5 ribu orang untuk menjalani karantina demi mencegah klaster domestik terbaru virus corona (COVID-19). Dikutip dari Reuters, Keputusan ini diambil setelah munculnya beberapa kasus positif COVID-19 pada sebuah rumah sakit di Formosa.

Menteri Kesehatan Taiwan Chen Shih-chung menyebutkan sekitar 1.300 orang sudah dikarantina. Mereka yang sempat memiliki kontak erat dengan pasien positif corona di Taiwan, wajib karantina mandiri di rumah selama 14 hari.

Pemerintah juga telah menguji semua orang yang telah dikarantina sebelumnya dan telah mengumumkan kasus baru di antara mereka setelah dikonfirmasi. Sebelumnya sebanyak 15 orang dikatakan positif corona setelah berada di sebuah rumah sakit di Kota Taoyuan. Jumlah pasien positif yang cukup banyak dibandingkan dengan wilayah lain, membuat Pemerintah Taiwan khawatir.


Akibatnya, pemerintah setempat memutuskan untuk membatalkan banyak acara berskala besar terkait dengan Tahun Baru Imlek. Salah satunya Festival Lentera Taiwan yang merupakan perayaan tahunan untuk menandai akhir dan awal Tahun Baru Imlek.

"Ini keputusan yang sulit, tetapi pencegahan pandemi adalah prioritas utama kami," kata Menteri Perhubungan Lin Chia-lung kepada wartawan. Festival yang menampilkan lentera besar dan pertunjukan kembang api ini menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahun dan telah menjadi nilai jual utama bagi pemerintah untuk menarik wisatawan dari luar negeri.

Lin Chih-chien, walikota utara kota Hsinchu tempat festival akan diadakan, mengatakan beberapa perusahaan teknologi di sana telah meminta pemerintah untuk membatalkan acara tersebut, dengan alasan kekhawatiran wabah lokal yang membatasi produksi di pusat teknologi yang menampung perusahaan-perusahaan termasuk pembuat chip terbesar di dunia Taiwan Semiconductor Manufacturing Co Ltd.

Taiwan sendiri diketahui telah berhasil mengendalikan pandemi dengan baik berkat pencegahan dini dan efektif. Terlepas dari infeksi baru, Taiwan hanya memiliki 95 kasus aktif yang dirawat di rumah sakit. Pihak pemerintah selalu mengadakan konferensi pers untuk mengumumkan rincian setiap ada kasus infeksi baru.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts