Joe Biden Yakin AS Akan Herd Immunity Di Musim Panas, Ini Kunci Capai Keberhasilan
Dunia
Pandemi Virus Corona

Presiden Amerika Serikat Joe Biden meyakini negaranya akan mencapai herd immunity pada musim panas mendatang. Biden lantas menyampaikan kunci agar target herd immunity tercapai.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden langsung tancap gas menangani pandemi virus corona di negaranya usai resmi menjabat sebagai presiden ke-46 pekan lalu. Biden menargetkan AS akan mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok pada musm panas mendatang.

Musim panas di AS sendiri berlangsung pada periode Juni hingga Agustus. Target ini diyakini Biden dapat tercapai lantaran pemerintahannya akan mengebut melakukan vaksinasi virus corona pada musim semi atau mulai Maret hingga Mei.

"Saya yakin pada musim panas kita (AS) akan menuju kekebalan kelompok," kata Biden dalam konferensi pers di Gedung Putih seperti dilansir AFP, Selasa (26/1). "Saya pikir kita mampu melakukan vaksinasi massal di musim semi ini, meskipun urusan logistik menjadi tantangannya."

Dilansir dari Fox News, Biden bahkan telah menargetkan akan melakukan vaksinasi pada 1,5 juta orang Amerika setiap harinya. Harapan ini muncul setelah ia menandatangani perintah eksekutif untuk meningkatkan pembelian pemerintah dari produsen AS.


Kendati demikian, Biden tetap memperingatkan warganya jika mereka masih berada dalam situasi gawat untuk sementara waktu. Ia menjelaskan kemungkinan masih akan ada 600.000 hingga 660.000 kematian sebelum AS mulai mengambil jalan pintas melalui herd immunity.

AS sendiri saat ini berhasil melampau target vaksinasi COVID-19 dalam sehari. Dalam seminggu terakhir, AS telah melakukan vaksinasi lebih dari 1 juta dosis kepada warganya setiap hari.

"Saya cukup yakin bahwa kami akan berada dalam posisi dalam tiga minggu ke depan atau lebih di kisaran satu juta sehari dan lebih dari itu," kata Biden. "Dengan kehendak Tuhan, mungkin jumlahnya bisa mencapai 1,5 juta orang Amerika."

Biden mengatakan dia merasa sangat yakin bahwa rencana pemerintahannya untuk memerangi pandemi virus korona akan berjalan dengan baik. Pasalnya, AS akan memiliki cukup vaksin, alat, dan infrastruktur untuk secara efisien menginokulasi orang Amerika untuk mencapai herd immunity.

"Kami mencoba untuk mengeluarkan minimal 100 juta vaksinasi dalam 100 hari dan bergerak ke arah di mana kami melampaui itu dalam 100 hari ke depan sehingga kami dapat mencapai titik di mana kami mencapai kekebalan kawanan di negara dengan lebih dari 300 orang juta orang," pungkas Biden.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts