Waduh! Tiongkok Temukan Strain Virus Corona di Lokasi Vaksinasi
Getty Images
Dunia
Vaksin COVID-19

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Tiongkok menemukan jejak virus corona di beberapa tempat vaksinasi COVID-19 seperti meja, dinding, gagang pintu, dan lorong.

WowKeren - Pemerintah Tiongkok menemukan jejak virus corona di beberapa tempat vaksinasi COVID-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Tiongkok mengatakan sampel itu diambil dari meja, dinding, gagang pintu, dan lorong lokasi vaksinasi.

Dikutip dari Reuters, Selasa (26/1), sampel itu dinyatakan positif virus corona tetapi tidak menular. Menurut CDC Tiongkok, jejak tersebut memiliki urutan genom yang identik dengan strain yang ditemukan dalam botol vaksin bekas tetapi berbeda dari strain yang saat ini menyebar.

"Vaksin yang tidak aktif mengandung potongan asam nukleat yang relatif lengkap dari virus dan tidak menular," kata CDC Tiongkok. Vaksin dari virus corona yang dilemahkan buatan Sinopharm dan Sinovac Biotech memang digunakan dalam skema vaksinasi di Tiongkok.


Seorang ahli penyakit menular dari Universitas Hong Kong Benjamin Cowling mengkonfirmasi kemungkinan kontaminasi dari cairan vaksin. Namun dia mengatakan jejak virus semacam itu tidak perlu dikhawatirkan. "Staf di tempat vaksinasi yang terkontaminasi telah dites negatif virus corona," katanya.

Sementara itu, Tiongkok diketahui kembali melaporkan adanya kenaikan kasus baru COVID-19 pada Senin (25/10 kemarin. Jumlah total kasus COVID-19 yang dikonfirmasi di Tiongkok daratan naik menjadi 124 pada 24 Januari dari 80 kasus sehari sebelumnya, kata Komisi Kesehatan Nasional dalam sebuah pernyataan.

Meski terjadi lonjakan kasus baru COVID-19. Angka kasus COVID-19 di Negeri Tirai Bambu itu relatif lebih kecil dibanding negara lain. Otoritas lokal China telah meluncurkan kombinasi langkah-langkah pembatasan sosial, termasuk karantina di rumah untuk jutaan warga, pembatasan perjalanan, pengujian COVID-19 massal dan pemeriksaan dalam upaya untuk menahan penyebaran penyakit tersebut.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts