Usai Es Krim, Kini Tiongkok Temukan Susu Terkontaminasi Virus Corona
Dunia

Melalui serangkaian tes yang dilakukan pemerintah Tiongkok, dilaporkan sejumlah produk susu jujube yang diproduksi di Provinsi Shandong, telah terkontaminasi virus corona (COVID-19).

WowKeren - Sejumlah produk susu jujube yang diproduksi di Provinsi Shandong, Tiongkok, dilaporkan terkontaminasi virus corona (COVID-19). Hal ini diketahui setelah melakukan serangkaian tes terhadap susu yang telah dipasarkan secara daring ke 25 provinsi.

Kendati demikian, otoritas kesehatan menyatakan jika risiko penularan dari susu jujube yang terkontaminasi corona sangat rendah. Produk susu jujube yang diproduksi di Zaozhuang, sebuah provinsi Tiongkok timur ini telah dijual melalui Pinduoduo dan Alibaba ke 321 kota di 25 provinsi.

Wakil Wali Kota Zaozhuang, Liu Jizhong mengatakan jika produk yang tidak terjual telah dibuang dengan tata cara yang benar. Dalam keterangannya, Senin (1/2) kemarin, seorang ahli di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Shandong, Lei Jie mengatakan bahwa virus yang ditemukan dalam produk susu jujube 'tidak mungkin hidup dan risiko infeksi sangat rendah'.


Dilansir dari Global Times, bubuk whey yang digunakan dalam susu dites positif corona merupakan produk impor dari Ukraina yang masuk melalui pelabuhan Tianjin pada 5 Januari 2021. Seluruh staf yang bekerja di pabrik susu jujube telah menjalani tes dan hasilnya dinyatakan negatif.

Lei menjelaskan jika saat ini telah melewati masa inkubasi virus sehingga menunjukkan penularan dalam susu sangat rendah. Otoritas lokal telah mengeluarkan pemberitahuan darurat ke 25 provinsi setelah ditemukan infeksi virus corona dalam komunitas. Kendati hasil pengujian sejauh ini dinyatakan negatif.

Sebanyak 148 kontak dekat terdeteksi dan telah menjalani tes asam nukleat, yang semua hasilnya dinyatakan negatif. Tes yang melibatkan 1.140 orang di kota Zaozhuang menyatakan tidak ada ada warga yang dinyatakan terpapar COVID-19.

Temuan virus corona di produk makanan bukanlah hal yang baru di Tiongkok. Sebelumnya, Petugas kesehatan di Tianjin, Tiongkok, berhasil mendeteksi es krim buatan dalam negeri yang mengandung virus corona pada Kamis (14/1) lalu.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait