Catat Baik-Baik! Ini Dugaan Penyebab Indonesia Banyak Dirundung Bencana Ala SBY
Nasional

Presiden ke-6 RI itu membuka dugaan penyebab terjadinya banyak bencana di Indonesia selama kurun waktu kurang dari 2 bulan di 2021. Bencana ini mulai dari gempa bumi hingga pandemi COVID-19.

WowKeren - Tahun 2021 belum genap 2 bulan berlalu, namun Indonesia sudah dirundung dengan beragam bencana. Tak hanya deretan bencana alam seperti gempa bumi dan banjir, wabah virus Corona pun diketahui belum berlalu dari Indonesia meski beberapa waktu belakangan dilaporkan mengalami penurunan.

Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono pun ikut buka suara perihal berbagai bencana yang terjadi ini. SBY pun mengungkap dugaan penyebab berbagai bencana tersebut, yang tak lain adalah akibat dari kesalahan dan keserakahan manusia. Dalam pandangannya, manusia terlalu serakah dalam menggunakan sumber daya kehidupan, mengubah ekosistem, hingga berakibat timbulnya bencana.

"Barangkali karena kesalahan dan keserakahan kita dalam menjaga dan menggunakan sumber-sumber kehidupan selama ini membuat ekosistem dan tatanan kehidupan berubah," tutur SBY dalam acara "Doa untuk Indonesia" yang disiarkan virtual di YouTube Pemprov DKI Jakarta, Minggu (14/2). "Akibatnya kita menghadapi bencana alam, bencana kesehatan, dan bencana kehidupan secara bersamaan."

SBY mendorong masyarakat untuk lebih mengevaluasi diri dan berkontemplasi di tengah pandemi COVID-19 serta krisis ekonomi yang terjadi. Ia juga mengajak masyarakat untuk lebih merawat dan melestarikan berbagai sumber kehidupan yang sudah disediakan Yang Maha Kuasa.


"Sebelum terlambat kita mesti bertaubat dan memohon maaf kepada sang pencipta," tutur SBY, dilansir dari CNN Indonesia, Senin (15/2). "Tidak mengulangi kesalahan kita dan ke depan sungguh merawat dan melestarikan bumi kita beserta sumber kehidupan yang di kandungnya."

Berbagai bencana alam memang dilaporkan terjadi di Tanah Air selama kurang dari 2 bulan tahun 2021 berjalan. Yang sangat melekat tentu saja gempa bumi dengan magnitudo 6,2 yang terjadi di Majene, Sulawesi Barat dan sekitarnya.

Pada pekan yang sama, Indonesia juga mengonfirmasi sejumlah bencana lain. Misalnya saja banjir besar di Kalimantan Selatan yang diklaim merupakan terparah dalam 50 tahun terakhir, serta gempa bumi lebih dari magnitudo 7,0 di Sulawesi Utara yang sampai turut mengguncang Filipina.

Beberapa gunung berapi pun dilaporkan menunjukkan tanda-tanda keaktifan dan hendak erupsi. Seperti Gunung Merapi, Sinabung, Semeru, hingga Gunung Raung. Bahkan beberapa di antaranya sudah sempat melontarkan awan panas tebal hingga lava pijar.

Sedangkan pandemi COVID-19 di Indonesia diketahui belum berlalu. Meski Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyatakan ada penurunan jumlah kasus positif secara signifikan pada pekan lalu.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel