Ahok Masuk 5 Besar Bursa Capres 2024 Menurut LSI, Tapi Nama Ini Tetap Jadi Jawara
Instagram/nachoseann
Nasional

LSI melakukan survei terhadap 1.200 responden dan mendapati 7 persen di antaranya memilih Ahok sebagai Capres 2024. Namun nama Menhan Prabowo Subianto tetap kokoh di posisi pertama.

WowKeren - Lembaga Survei Indonesia (LSI) melakukan jajak pendapat untuk mengetahui penilaian masyarakat terhadap kinerja pemerintah sekaligus memetakan nama-nama yang bersaing di bursa calon presiden 2024. LSI pun melakukan survei tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak (multistage random sampling) pada 25-31 Januari 2021.

Ketika dihadapkan pada pertanyaan siapa yang akan dipilih jika pemilihan presiden digelar saat ini, LSI menyodorkan 29 nama dan responden boleh memilih nama lain. Dan hasilnya, sosok Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok ternyata masuk dalam daftar tersebut.

Berdasarkan grafik yang ditampilkan di hasil survei, Ahok berada di urutan keempat dengan raupan 7,2 persen suara. Nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sendiri masih betah berada di urutan pertama dengan 22,5 persen suara, diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi selanjutnya.

Ahok Masuk 5 Besar Bursa Capres 2024 Menurut LSI, Tapi Nama Ini Tetap Jadi Jawara-1

LSI


Beberapa nama lain yang muncul dalam daftar simulasi semi terbuka itu adalah Sandiaga Uno, Tri Rismaharini, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Susi Pudjiastuti, dan Ustaz Abdul Somad. Kewibawaan serta ketegasan pun menjadi alasan utama dipilihnya nama-nama tersebut, disusul dengan alasan seperti sosok yang merakyat hingga jujur dan bersih dari praktik KKN.

Namun nama Ahok sendiri tidak muncul ketika LSI melakukan survei dengan simulasi tertutup atas 10 dan 14 nama. Sosok Prabowo pun masih berada di posisi pertama, diikuti Ganjar dan Anies.

Kendati demikian, apabila responden diminta memilih nama calon presiden secara spontan alias tanpa diberi opsi, Joko Widodo masih berada di urutan pertama dengan 18,0 persen raupan suara. Kemudian secara berturut-turut, nama Prabowo, Anies, Ganjar, dan Sandiaga masuk di urutan 5 besar daftar tersebut.

Ahok Masuk 5 Besar Bursa Capres 2024 Menurut LSI, Tapi Nama Ini Tetap Jadi Jawara-2

LSI

Hasil survei ini sendiri disebut memiliki margin of error terhadap ukuran sampel hingga sebesar 2,9 persen. Sedangkan tingkat kepercayaannya mencapai 95 persen.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts