Gibran dan Bobby Sudah Resmi Jadi Wali Kota, Tetap Dikawal Paspampres?
Twitter/PDI_Perjuangan
Nasional

Gibran Rakabuming Raka telah resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo sedangkan Bobby Nasution sebagai Wali Kota Medan. Lantas dengan status baru ini, apakah keduanya tetap dikawal Paspampres?

WowKeren - Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka telah resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo. Begitu pula dengan menantu sang presiden, Bobby Nasution yang telah dilantik sebagai Wali Kota Medan di hari yang sama.

Dengan jabatan baru mereka, lantas apakah Pasukan Pengamanan Presiden masih akan tetap mengawal keduanya? Dijelaskan oleh Komandan Paspampres Agus Subiyanto, ternyata baik Gibran maupun Bobby akan tetap dikawal oleh pasukannya sebagaimana sebelumnya.

Pengawalan ini, tutur Agus, bukan terkait dengan status wali kota yang mereka sandang tetapi karena merupakan kerabat presiden. "Jadi anak-anak Presiden dapat pengawalan dari Paspampres. Bukan karena wali kotanya," ujar Agus kepada awak media, Jumat (26/2).

Bobby pun akan mendapat pengawalan serupa karena berstatus sebagai menantu Jokowi. Sebab berdasarkan peraturan, Paspampres memang ditugaskan untuk mengawal seluruh keluarga terdekat sang RI 1. "Suami istri dapat," tutur Agus.


Pengawalan ini, jelas Agus, sesuai dengan tugas pokok Paspampres. Yang meliputi pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada presiden, wakil presiden, keluarga presiden atau wakil presiden.

"(Juga) tamu negara setingkat kepala negara, mantan presiden, wapres," imbuh Agus. Pengawalan ini sebagaimana diatur di Peraturan Pemerintah Nomor 59 Tahun 2013, tepatnya di Pasal 3 Ayat (3).

"(3) Keluarga Presiden dan Wakil Presiden sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi," demikian isi beleid terkait. "A. Istri atau suami Presiden dan Wakil Presiden; B. Anak Presiden atau Wakil Presiden; dan C. Menantu Presiden atau Wakil Presiden."

Baik Gibran dan Bobby dilantik bersama dengan ratusan kepala daerah lain yang sudah dinyatakan sah memenangkan Pilkada serentak pada Desember 2020 silam. Pelantikan pun diselenggarakan secara virtual mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang tidak boleh ada kerumunan massa.

Ketika dijumpai belum lama ini, baik Gibran dan Bobby rupanya sama-sama menyuarakan keinginan untuk mengawal program vaksinasi COVID-19 segera setelah dilantik. Bahkan Gibran disebut siap langsung bekerja mulai Sabtu (27/2) besok.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru