Amerika Serikat Minta WHO Kembali Ke Tiongkok Selidiki Asal-Usul Virus Corona
Pixabay
Dunia

Pandemi COVID-19 belum juga berakhir, sehingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkaji lebih lanjut soal virus Corona. Amerika Serikat mendesak WHO untuk segera menyelesaikan permasalahan tersebut.

WowKeren - Sampai pada hari ini Kamis (25/3), pandemi virus Corona belum juga berakhir. Malah sebaliknya, di sejumlah negara di dunia masih ada yang mengalami kenaikan kasus COVID-19.

Seperti yang di alami oleh Amerika Serikat, angka persebaran virus Corona terbilang masih cukup tinggi. Maka dari itu, Amerika Serikat meminta WHO kembali ke Tiongkok untuk mengkaji asal-usul virus Corona lebih lanjut. WHO sendiri diketahui berencana merilis asal-usul virus Corona pada pekan ini.

Pada Rabu (24/3), pejabat senior Amerika Serikat menanyakan kemungkinan WHO untuk melakukan kunjungan kembali ke Tiongkok. Marc Cassayre selaku kuasa hukum misi AS untuk PBB di Jenewa juga mengharapkan agar WHO bisa cepat menyelesaikan kajian terkait dengan asal-usul virus Corona.

Sementara itu, WHO sendiri berharap hasil laporan yang dikerjakan oleh tim dari para ahli internasional dan rekan mereka dari Tiongkok bisa diterbitkan minggu ini. "Kami berharap laporan ini akan didasarkan pada sains dan menjadi langkah nyata bagi dunia untuk memahami asal-usul Corona, sehingga kami dapat lebih mempersiapkan diri untuk pandemi di masa depan," ungkap Marc dalam jumpa pers.


Pejabat Amerika Serikat mengharapkan penelitian lebih lanjut terkait asal-usul virus Corona bisa diidentifikasi sampai ke sumber. "Itu mungkin akan membutuhkan studi lanjut seperti yang kita anggap, studi lebih lanjut yang dilakukan mungkin juga membutuhkan perjalanan ke Tiongkok kembali atau diskusi lebih lanjut," terang Pejabat Senior AS.

Sebelumnya, penyelidikan yang dilakukan WHO sempat terhenti. Hal ini dikarenakan adanya kekhawatiran atas akses serta pertengkaran yang terjadi antara Beijing dan Washington.

Pertengkaran yang terjadi Beijing dengan Washington menyebabkan Tiongkok enggan membagikan data penting terkait dengan asal-usul virus Corona. Hal itu diungkap oleh beberapa anggota tim WHO yang melakukan kajian lebih lanjut.

Ben Embarek, salah seorang pejabat WHO yang juga memimpin misi terkait asal-usul virus Corona mengatakan jika virus berasal dari kelelawar. Tetapi Ben belum mengetahui pasti cara virus Corona sampai ke tubuh manusia.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait