Menparekraf Sandiaga Uno Tekankan SDM Untuk Kembangkan Kearifan Lokal di Indonesia
Instagram/sandiuno
Nasional

Adanya pandemi COVID-19 ini juga berpengaruh terhadap sektor pariwisata di Indonesia. Maka dari itu, Menparekraf mengupayakan untuk bisa bangkit kembali dan memajukannya.

WowKeren - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Uno saat ini sedang menggalakkan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menekankan pentingnya kreativitas demi kemajuannya di Indonesia. Sandiaga Uno mengatakan jika Indonesia dikenal sebagai bangsa yang memiliki tingkat kreativitas tinggi sejak dulu.

"Hal ini terus berkembang menjadi inovasi kreatif yang bertahan lama dalam kelangsungan pertanian kita," ujar Sandiaga Uno dalam webinar G-CINC Creative Year 2021 di Jakarta, Kamis (25/3). "Dari mengukur air dengan bambu dalam sistem Subak Bali, serta membangun lumbung yang efektif di Rangkiang dalam budaya Minangkabau, yang membuktikan Indonesia diberkahi oleh kreativitas sejak zaman dahulu kala."

Selain itu, Sandiaga Uno juga menekankan pentingnya menjaga kearifan lokal sebagai upaya mengembangkan SDM, seperti yang terjadi di kawasan destinasi super prioritas Danau Toba. Pada saat sedang berkunjung ke Sumatera Utara, Sandiaga Uno melepas siswa magang Kawasan Badan Otoritas Danau Toba ke Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali, Jumat (26/3).

30 siswa tersebut diketahui akan menimba ilmu pariwisata di Bali. Sandiaga Uno berharap dengan adanya program magang tersebut, mereka bisa menjadi garis depan pengembangan pariwisata di daerahnya sendiri yakni Danau Toba, Sumatera Utara.


"Danau Toba tidak kalah dengan Bali, InsyaAllah kalau kita kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, kerja ikhlas, mudah-mudahan pariwisata Danau Toba bisa setara dengan Bali," ujar Sandiaga Uno pada saat pelepasan siswa. "Bali memang terkenal dengan budayanya, namun budaya gotong juga kental di Danau Toba, inilah yang harus kita gali, meskipun kalian sudah belajar di Bali dengan standar global, kalian tidak boleh lupa pada kearifan lokal."

Sandiaga Uno mengungkapkan jika fokus pemerintah saat ini adalah membangun infrastruktur. Namun ia berpendapat jika pembangunan infrastruktur tidak dibarengi dengan pengembangan SDM akan sia-sia.

"Pengembangan infrastruktur tidak akan sukses jika SDM dan masyarakatnya juga tidak dibangun," tandas Sandiaga Uno. "Jadi bangun raganya, bangun jiwanya, bukan hanya membangun infrastrukturnya saja, tapi juga membangun manusianya."

Sandiaga Uno optimis dengan program magang yang sedang dijalankan dapat menciptakan SDM yang berkualitas. Ia yakin bahwa siswa-siswa tersebut mampu menyerap ilmu dengan baik selama delapan bulan magang di Bali. Setelah selesai magang, Sandiaga berharap mereka bisa membangun Danau Toba menjadi destinasi super prioritas dengan SDM berkualitas.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts