Nino RAN Bagi Tips Proses Kreatif Mencipta Lirik Lagu: Jangan Pernah Remehkan Ide
Instagram/ninokayam
Musik

Nino RAN berbagi ilmu soal proses kreatif menyusun lirik lagu. Nino RAN pun mengungkap sejumlah hal pokok yang harus diperhatikan dalam penulisan lirik.

WowKeren - RAN merupakan salah satu grup musik yang memiliki ciri khas dan penikmat tersendiri di Tanah Air. Bahkan kesuksesan dan prestasi RAN juga sudah diakui hingga mancanegara. Salah satu personelnya, Nino RAN pun berbagi cerita mengenai proses kreatif menciptakan lirik lagu.

Lirik adalah salah satu elemen penting dalam sebuah proses penciptaan lagu. Sebab dari bati lirik dalam musik bisa membawa emosi pendengarnya.

Menurut musisi Nino Kayam, ada tiga golden rules dalam proses penciptaan lirik dalam sebuah lagu. Itu didapatkannya setelah survei, mencari tahu, dan dari internet. Ketiga aturan itu ialah create, relate, dan communicate.

Nino pun membagikan tiga tips untuk mendapat ide dalam proses penciptaan lirik lagu. Pertama, mendengarkan curhat teman. Beberapa lirik lagu yang dibuat Nino dari curhatan teman ialah lagu Sampai Kapan Reza Chandika dan "Dekat di Hati" RAN.

"Salah satu lagu yang benar-benar dari curhatan teman dan akhirnya malah menjadi salah satu sumber penghasilan terbesar gue adalah lagunya RAN yang 'Dekat di Hati'. Jadi suatu hari gue punya sahabat yang lagi dekat sama seseorang, terus ketika mereka hampir pacaran, laki-lakinya, teman gue yang cewek, harus kuliah ke luar negeri," ujar Nino.


"Dia curhat panjang lebar, gimana yah No, apakah gue harus stop nih deket sama dia, karena LDR kan susah. Dia ngomong terus, gue dengerin, gue buat lagu tentang LDR, ternyata alhamdulilah banyak dirasakan orang," sambungnya.

Kedua, dengan menonton series, tapi tanpa suaranya tidak dinyalakan. Menurut Nino kita hanya perlu fokus pada subtitle dalam series tersebut. Sebab banyak sekali 'harta karun' berupa kata-kata yang disiapkan scriptwriter tersebut dan bisa jadi inspirasi.

Lalu ketiga ialah dengan melamun. Menurutnya, melamun atau bengong adalah kunci mencari inspirasi karena saat melamun kita pasti rileks. Saat melamun, kita juga bisa memainkan banyak hal.

Nino juga mengingatkan untuk tidak meremehkan sebuah ide. Bahkan untuk ide paling sederhana sekalipun.

"Nah, tapi ketika sudah dapat ide, jangan pernah ngeremehin ide tersebut, mungkin saja hari itu lu nganggepnya ide itu nggak begitu bagus, tapi suatu hari bisa jadi itu bakal bisa menjadi ide yang luar biasa. Jadi selalu catat mungkin pakai kertas atau bolpoin, atau sekarang bisa jadi voice note," pungkasnya.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel