Kunjungi Lembata, Jokowi Janji Bangun Lokasi Terdampak Banjir Bandang NTT Secepatnya
presidenri.go.id/BPMI Setpres
Nasional

Presiden Joko Widodo menyambangi lokasi terdampak banjir bandang akibat siklon tropis Seroja di Lembata, NTT. Ia pun berjanji akan segera merelokasi dan membangun daerah terdampak.

WowKeren - Presiden Joko Widodo sudah bertolak ke Nusa Tenggara Timur untuk meninjau kondisi terkini lokasi bencana banjir bandang. Diketahui banjir bandang maut terjadi pada Minggu (4/4) dini hari waktu setempat kemarin dan menurut Jokowi sampai Jumat (9/4) hari ini sudah menelan 163 korban jiwa.

"Siang hari ini saya berada di Desa Amakaka di mana bencana banjir bandang yang ada di Kabupaten Lembata ini korbannya paling banyak," tutur Jokowi dalam keterangan persnya yang diunggah di YouTube Sekretariat Presiden. "Sampai siang hari ini total korban di Nusa Tenggara Timur ada 163 yang meninggal dan yang masih dalam pencarian ada 45 orang."

Jokowi pun menegaskan upaya pencarian para korban ini akan terus dilakukan semaksimal mungkin. Meski demikian, Jokowi juga tak menampik bahwa medan yang sulit yakni dengan banyaknya bebatuan besar tentu menyulitkan proses evakuasi namun akan terus diusahakan.

"Ini yang akan terus kita usahakan agar yang dalam pencarian tadi bisa segera ditemukan. Tetapi kalau kita lihat di lapangan memang keadaannya bebatuan, batu yang besar-besar, yang itu sangat menyulitkan juga alat-alat berat kita. Tetapi tadi sudah saya perintahkan untuk terus dicari dan ditemukan yang 45 yang hilang," tegas Jokowi.


Dan pada kesempatan itu, Jokowi juga memastikan bahwa daerah terdampak banjir bandang itu akan direlokasi serta dibangun lagi secepatnya. Sang RI 1 mengaku sudah berdiskusi dengan Gubernur NTT Viktor Laiskodat dan Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur terkait masalah tersebut.

"Saya sudah berbicara dengan Gubernur NTT dan Bupati Lembata, nanti dengan persetujuan masyarakat, lokasi ini akan dipindahkan, akan direlokasi," tutur Jokowi. "Dan secepatnya akan dibangun, dalam waktu yang secepat-cepatnya."

Ketika Jokowi menyampaikan ketegasannya itu, sorakan terimakasih dan tepuk tangan langsung meramaikan lokasi. Tentu saja besar harapan para penyintas agar pemukiman mereka bisa segera diperbaiki oleh pemerintah demi kembalinya kesejahteraan hidup.

"Terakhir, saya secara pribadi dan mewakili pemerintah mengucapkan duka yang mendalam atas korban yang ada," pungkas Jokowi. Sebelumnya, Jokowi juga sempat menekankan bahwa kebutuhan logistik para pengungsi telah dipastikan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru