Isyana Sarasvati Pernah Alami Cedera Pita Suara Semasa Kuliah
Instagram/isyanasarasvati
Selebriti

Isyana Sarasvati menempuh pendidikan musik klasik sebelum menjadi penyanyi papan atas Indonesia. Selama berkuliah, Isyana pernah mengalami cedera pita suara karena nekat menyanyikan sebuah lagu.

WowKeren - Sebelum menjadi penyanyi seperti sekarang ini, Isyana Sarasvati pernah mengemban pendidikan di Nanyang Academy of Fine Arts Singapura dan Royal College Music Inggris. Selama kuliah, adik dari Rara Sekar itu mempelajari musik klasik.

Kepada Rossa, Isyana memberikan saran-saran tentang bernyanyi lagu klasik. Tak hanya membagikan teknik yang harus dilakukan, pelantun "Tetap Dalam Jiwa" itu juga menekankan pentingnya pemanasan sebelum bernyanyi. Hal itu penting demi menjaga kesehatan pita suara.

"Tapi temen-temen, kalau mau nyanyi lagu klasik atau apa please harus warm up (pemanasan) dulu, terus jangan sembarangan juga," ujar Isyana di kanal YouTube Rossa pada Senin (26/4).

Selain itu, penyanyi 27 tahun itu menyarankan betapa penting memilih lagu yang cocok untuk dinyanyikan. "Pilih repertoire (lagu) yang sesuai dengan kapasitas suara, karena bahaya banget," imbuhnya.


Selanjutnya, Isyana membagikan pengalamannya saat menyanyikan lagu yang ada di luar kemampuan dan kapasitas suaranya. Sehingga pilihannya itu membawa dampak buruk bagi pita suaranya.

"Aku pernah ada di masa, ini dari pengalaman aku sendiri soalnya ya. Jadi waktu aku sekolah aku pernah mencoba untuk menyanyikan sebuah repertoire yang gede banget, repertoire dari Strauss," ungkap Isyana.

Kemudian Isyana menyebutkan bahwa lagu yang ia maksud biasanya dinyanyikan oleh penyanyi bersuara matang. Menurut pengetahuannya, lagu milik Strauss itu sering kali dinyanyikan oleh mereka yang telah berusia 28 tahun ke atas atau bahkan lebih dari 30-an.

"Aku waktu itu tuh masih 20-21 (tahun). Aku nyanyiin... (suaranya) belum kebentuk. Dan memang untuk big voice, aku masih belom... masih anak-anak ya," bebernya.

"Setelah aku nyanyiin lagu itu, (dari) latihan sampai waktu itu dikonserin. Aku sampai ke dokter THT," lanjutnya. "Sampai dimasukin selang karena rusak pita suaranya. Aku pernah mengalami itu."

Lantas Isyana menambahkan jika hal itu terjadi pada saat ia berkuliah di Singapura. Sejak saat itu, ia berpendapat bahwa memilih lagu yang sesuai dengan kematangan suara sangatlah penting.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts