Viral Jokowi Diduga Usul Babi Panggang untuk Lebaran, 'Bipang' Masih Trending Sampai Kini
Instagram/jokowi
Nasional

Presiden Jokowi menyarankan masyarakat memesan online kuliner khas kampung halaman meski dilarang mudik. Salah satunya bipang ambawang yang merupakan olahan daging babi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo sedang menjadi sorotan nasional lewat potongan pidatonya yang menjadi viral di media sosial. Pasalnya, dalam kesempatan itu, Jokowi diduga mengusulkan olahan daging babi sebagai representasi makanan daerah yang bisa menjadi oleh-oleh saat Lebaran.

Hal ini disampaikan dalam salah satu pidatonya yang ditayangkan di Kompas TV. Sang presiden menyarankan sejumlah makanan daerah yang bisa dipesan online untuk menemani masa libur Lebaran yang dibatasi dengan larangan mudik karena pandemi COVID-19.

"Untuk Bapak Ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah, atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online," ujar Jokowi dalam potongan video tersebut. Jokowi lantas menyebutkan beberapa menu, seperti Bandeng Semarang, Gudeg Yogyakarta, hingga yang kontroversial Bipang Ambawang khas Kalimantan.

Warganet pun seketika geger sebab bipang ambawang adalah babi panggang. Meski bipang juga merujuk pada kudapan yang terbuat dari beras, diikutsertakannya kata "Ambawang" meyakinkan publik bahwa yang dimaksud sang kepala negara adalah olahan babi panggang.

Tak pelak pidato Jokowi pun menjadi viral. Bahkan hingga Sabtu (8/5) sore, kata kunci terkait seperti "Bipang" dan "Kalimantan" masih menjadi trending topic Twitter.


Viral Jokowi Diduga Usul Babi Panggang untuk Lebaran, \'Bipang\' Masih Trending Sampai Kini-1

Twitter

Warganet sejak pidato ini mencuat langsung mendesak Jokowi untuk memberi klarifikasi. Banyak yang merasa rekomendasi menu dari Jokowi tidak etis apalagi jika dikaitkan dengan suasana Hari Raya Idul Fitri alias Lebaran.

"Merayakan Hari Raya Kemenangan Umat Islam (Lebaran) dengan menyajikan hidangan menu BIPANG Babi Panggang Ambawang. Kui Islam Cap opo Pak kalau boleh tahu ?" cuit @y***ok. "Temanya kan lebaran... Ngapa ada Bipang Ambawang Pak?" sambung @Bo***en.

Kehebohan ini belum ditanggapi langsung oleh Jokowi, meski juru bicararanya, Fadjroel Rachman meluruskan yang dimaksud adalah bipang dari beras. Sedangkan pengusaha bipang ambawang malah mengucapkan terimakasih karena sudah dipromosikan oleh Jokowi.

Viral Jokowi Diduga Usul Babi Panggang untuk Lebaran, \'Bipang\' Masih Trending Sampai Kini-2

Twitter

Beberapa akun pun turut membela Jokowi. Pasalnya saat Hari H Lebaran besok juga bertepatan dengan Hari Kenaikan Isa Almasih yang dirayakan umat non-Muslim.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts