Kembali Memanas, Israel Bom Jalur Gaza Palestina dan Sebabkan 20 Orang Meninggal
AFP/Mahmud Hams
Dunia

Israel dilaporkan melakukan serangan udara ke Jalur Gaza pada Senin (10/5) malam waktu setempat. Serangan ini menyebabkan 20 orang meninggal, termasuk seorang pimpinan militer Hamas.

WowKeren - Beberapa waktu terakhir Israel dan Palestina kembali memanas. Bahkan Israel dilaporkan melakukan serangan udara ke arah Jalur Gaza pada Senin (10/5) malam waktu setempat.

Atas serangan tersebut, otoritas kesehatan Palestina melaporkan sebanyak 20 warga meninggal dunia. Bahkan 9 di antaranya merupakan anak-anak serta salah seorang lainnya adalah pimpinan senior Hamas.

Militer Israel sendiri melancarkan serangan udara ke Palestina dengan dalih sebagai pembalasan atas aksi serangan sebelumnya. Diketahui militer Hamas sebelumnya meluncurkan roket misil setelah militer Israel juga melakukan penyerangan ke Masjid Al-Aqsa di Jerusalem.

Israel bersikeras serangan mereka hanya dimaksudkan untuk pasukan bersenjata Hamas. Di sisi lain, sumber Hamas mengabarkan kepada Arab News perihal salah seorang pimpinannya yang terbunuh dalam serangan tersebut.


Untuk diketahui, konflik ini bermula dari serangan militer Israel yang melakukan penyerangan ke Masjid Al-Aqsa dan Sheikh Jarrah, bahkan ketika warga setempat tengah menjalani ibadah salat. Aksi militer Israel ini pun viral di media sosial dan berbuah doa dari warganet untuk membebaskan Palestina.

Pasukan Al-Qassam Palestina mengingatkan Israel agar mengevakuasi warga yang terjebak di Masjid Al-Aqsa, Sheikh Jarrah, dan Jerusalem maksimal pada pukul 6 sore waktu setempat. Namun tuntutan ini malah kemudian meningkatkan eskalasi konflik di antara kedua negara hingga saling berbalas tembakan.

Puncaknya ketika pasukan Al-Qassam yang merupakan sayap militer Hamas menembakkan misil roket ke Israel. "Sebuah roket ditembakkan ke kubu musuh yang menduduki Jerusalem," tutur juru bicara Al-Qassam.

"Sebagai respons atas kejahatan dan penyerangan ke kota suci serta tindak represif terhadap penduduk Sheikh Jarrah dan Masjid Al-Aqsa," imbuh Al-Qassam. Hingga kini seruan agar Israel membebaskan Palestina terus berkumandang di lini masa.

Dipantau pada Selasa (11/5) pukul 09.05 WIB, sejumlah kata kunci terkait serangan Israel ini masih menjadi trending topic. Beberapa di antaranya seperti "#SavePalestine", "#AlAqsaUnderAttack", serta "#SaveSheikhJarrah".

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts