Jokowi Kecam Serangan Israel ke Sheikh Jarrah, Tegaskan Selalu Dukung Palestina
Instagram/jokowi
Nasional

Presiden Joko Widodo mengutuk aksi represif oleh militer Israel terhadap warga Sheikh Jarrah, Palestina. Apalagi karena serangan dilakukan saat warga beribadah di Masjid Al-Aqsa.

WowKeren - Konflik Palestina dan Israel kembali menjadi sorotan, apalagi karena eskalasi ketegangan yang terjadi beberapa waktu belakangan. Bahkan pada Senin (10/5) malam waktu setempat, militer Israel melakukan serangan udara ke Jalur Gaza hingga menewaskan 20 orang.

Peristiwa ini sontak menjadi sorotan internasional sampai menyebabkan sejumlah kata kunci dukungan untuk Palestina menjadi trending topic di lini masa. Tak hanya itu, kecaman juga datang dari berbagai negara, termasuk Presiden Joko Widodo.

Lewat Twitter-nya, sang kepala negara menyampaikan kecamannya atas serangan yang dilakukan Israel terhadap Palestina. Termasuk serangan dan aksi represif Israel kepada masyarakat Sheikh Jarrah, yang bahkan diserang ketika tengah beribadah di Masjid Al-Aqsa.

"Pengusiran paksa warga Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur," tulis Jokowi pada Senin (10/5) siang. "Dan penggunaan kekerasan terhadap warga sipil Palestina di Masjid Al-Aqsa tidak boleh diabaikan."


Jokowi Kecam Serangan Israel ke Sheikh Jarrah, Tegaskan Selalu Dukung Palestina

Twitter/jokowi

Dan pada kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan dukungannya untuk terus berdiri mendukung Palestina. Ia juga memastikan Indonesia akan mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) agar segera mengambil tindakan tegas.

"Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil tindakan atas pelanggaran berulang yang dilakukan oleh Israel. Indonesia akan terus berpihak pada rakyat Palestina," kata Jokowi, dilansir pada Selasa (11/5).

Ketegangan ini kembali meningkat usai Israel melakukan serangan kepada masyarakat Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur. Bahkan aksi represif militer Israel sampai menjadi buah bibir internasional lantaran menunjukkan mereka yang tega menyerang kawasan Masjid Al-Aqsa ketika masyarakat tengah salat berjemaah.

Mendapati situasi tersebut, pasukan Al-Qassam yang merupakan sayap militer Hamas menembakkan misil ke Israel. Aksi ini pun dibalas oleh Israel pada Senin malam waktu setempat, dengan menembakkan misil serupa ke Jalur Gaza dan menewaskan 9 anak-anak serta seorang pimpinan Hamas.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts